• July 1, 2022 11:27 pm

Polisi Cari Unsur Pidana Aksi Konvoi Kebangkitan Khilafah

Usai memenuhi kriteria pelanggaran pidana, dalam waktu dekat polisi akan melakukan penindakan terhadap kelompok tersebut.
Jakarta, CNN Indonesia

Polda Metro Jaya mengklaim telah melakukan penelusuran jejak atau profiling terhadap kelompok Khilafah Muslimin yang menjadi dalang di balik aksi konvoi ‘Kebangkitan Khilafah’.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan profiling tersebut dilakukan pihaknya mulai dari anggota hingga pimpinan kelompok Khilafatul Muslimin.

“Kami sudah mengetahui kelompok ini sebelumnya. Kemudian kami juga sudah mem-profile mereka yang terlihat di situ,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (3/6).

Selain melakukan profiling, kata Zulpan, saat ini pihaknya juga tengah melengkapi bukti dan petunjuk atas pelanggaran yang dilakukan. Sehingga, dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan penindakan terhadap kelompok tersebut.

“Kami sekarang tinggal melengkapi unsur yang lain yang memenuhi unsur pelanggaran pidana, sehingga nanti penyidik selanjutnya melakukan tindakan tegas terkait dengan apa yang mereka lakukan,” jelasnya.

Zulpan menegaskan apabila aksi konvoi yang telah dilakukan sebelumnya telah melanggar aturan. Sebab, di baliknya ada aksi penyebaran narasi yang bertujuan membangkitkan kebencian terhadap pemerintah yang sah.

“Berupaya mengubah ideologi bangsa adalah pelanggaran berat dan tidak dibenarkan tidak bisa diganti aliran apa pun ideologi kita ini yaitu Pancasila. Ini melanggar ketentuan UUD 1945,” pungkasnya.

Sebelumnya, Khilafatul Muslimin mengakui bahwa anggotanya yang melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur. Kata Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta Abudan, konvoi sudah dilakukan sejak 2018.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana terorisme yang berkaitan dengan kelompok Khilafatul Muslimin.

Kepolisian menilai bahwa ormas ini memiliki latar belakang dan juga kedekatan dengan sejumlah organisasi teroris. Polisi juga menduga mereka berpotensi menimbulkan kejahatan tersebut.

(tfq/ain)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Polisi Cari Unsur Pidana Aksi Konvoi Kebangkitan Khilafah

Leave a Reply

Your email address will not be published.