• April 26, 2024 7:35 am

Polri Dalami Laporan Refly Harun atas Tersangka Penculik Anak di Bogor

Polru belum dapat membeberkan lebih lanjut mengenai proses hukum ataupun rencana pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Bareskrim.
Jakarta, CNN Indonesia

Polri menindaklanjuti laporan yang dibuat oleh Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun terkait dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh tersangka kasus penculikan anak Bogor, Tangerang dan Jakarta, Rizal Afif (28) beberapa waktu lalu.

Refly merasa tak terima karena dituduhkan memberikan uang Rp7 juta kepada Rizal agar mengaku terkait dengan Bahar bin Smith dan Munarman saat tampil di podcast YouTube miliknya.

“Tentunya akan dilakukan pendalaman atau tahapan penyelidikan terlebih dahulu,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Jumat (3/6).

Ia pun belum dapat membeberkan lebih lanjut mengenai proses hukum ataupun rencana pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Bareskrim terkait kasus itu.

“Nanti kita update lagi,” tambah dia.

Laporan ini teregister dalam Nomor: LP/B/0257/VI/2022/SPKT/BARESKRIM Polri tertanggal 2 Juni 2022. Refly turut melaporkan pemilik akun @_ekokuntadhi.

Dalam perkara ini, Refly turut merasa pernyataam Rizal Afif terkait dirinya sudah mengganggu kredibilitasnya sebagai seorang YouTuber. Selain itu, Ia menyinggung dirinya yang bergerak di bidang hukum sehingga memerlukan kepercayaan dari masyarakat.

“Jadi ada dua orang yang saya laporkan dalam LP ini, yang pertama si Rizal Arif yang kedua akun Ekokun yang memviralkan itu,” kata Refly Harun kepada wartawan, Kamis (2/6).

Sebagai informasi, Rizal merupakan tersangka kasus penculikan dan pencabulan 12 anak yang mengaku sebagai mantan narapidana kasus terorisme kepada polisi. Namun BNPT menyatakan Rizal bukan mantan napi teroris.

Beberapa waktu terakhir pun beredar luas di media sosial video pengakuan Rizal sebagai murid Bahar bin Smith saat berada di Lapas Gunung Sindur. Ia juga mengatakan telah dikenalkan ke sejumlah tokoh yang datang membesuk termasuk Refly Harun.

Setelah mengklaim bebas dari Lapas Gunung Sindur, Rizal Afif kemudian diundang ke podcast Refly Harun untuk membuat pengakuan bahwa dirinya adalah mantan narapidana terorisme. Rizal Afif juga mengatakan diberi uang Rp7 juta oleh Refly setelah mengisi podcast tersebut.

(mjo/ain)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Polri Dalami Laporan Refly Harun atas Tersangka Penculik Anak di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *