• July 5, 2022 7:40 pm

Densus Cari Bukti Peserta Konvoi Khilafatul Muslimin Terlibat Terorisme

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyelidiki peristiwa konvoi motor membawa tulisan kebangkitan Khilafah di Brebes, Jawa Tengah dan Cawang, Jakarta Timur pada Minggu (29/5). Terutama mencari bukti peserta konvoi terlibat dengan kelompok terorisme.

“Densus 88 turun untuk menyelidiki. Kegiatan seperti itu sudah menjadi kegiatan kita untuk memonitor terus,” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, Jumat (3/6)

Namun, Aswin mengaku tidak bisa membeberkan progres penyelidikan tersebut. Hanya, dia menyebut pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja memiliki rekam jejak dekat dengan kelompok teroris, seperti Negara Islam Indonesia (NII) dan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).

Abdul pun disebut pernah dihukum atas kasus terorisme. Menurut Aswin, Abdul ditangkap karena terkait dengan kelompok NII.

Saat ini, Densus tengah mengedepankan asas praduga tak bersalah. Abdul dan peserta konvoi motor bawa bendera khilafah bisa ditangkap apabila terbukti terlibat dengan kelompok terorisme.

“Saya gak bisa jawab kemungkinan atau tidak (ditangkap lagi Abdul). Yang jelas kami menjujung tinggi hak asasi manusia (HAM) sampai memiliki bukti untuk menyatakan bahwa mereka yang tergabung dalam Khilafahtul Muslimin ini baik perorangan, kelompok itu memenuhi alat bukti yang cukup untuk dilakukan hukuman tindak pidana terorisme,” ujar Aswin.

Sebelumnya, konvoi motor Khilafatul Muslimin Indonesia menggegerkan warga Brebes, Jawa Tengah. Sejumlah pengendara motor membawa bendera yang mengatribusikan sebagai gerakan khilafah melaju keliling di Desa Keboledan-Wanasari-Brebes.

Aksi serupa terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pukul 09.14 WIB, Minggu, 29 Mei 2022. Konvoi motor itu membawa atribut berupa poster hingga bendera bertuliskan ‘Khilafatul Muslimin’. Sebuah video memuat aksi konvoi puluhan motor, viral di media sosial. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.

Para pemotor membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah turut dibawa peserta konvoi.

“Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah,” tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor.”Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah,” bunyi poster lainnya. (OL-8)


Sumber: Media Indonesia | Densus Cari Bukti Peserta Konvoi Khilafatul Muslimin Terlibat Terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published.