• July 5, 2022 7:19 pm

Kejagung Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan Palestina

KEJAKSAAN Agung Republik Indonesia menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Palestina. Kedua institusi telah bertemu pada Selasa (31/5), secara daring dalam rangka melakukan pertemuan pendahuluan preliminary meeting pembahasan kerja sama bilateral. Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung Bambang Sugeng Rukmono bertindak selaku ketua delegasi Indonesia.

Bambang menyambut baik tawaran kerja sama dari pihak Palestina di bidang peradilan. Kerja sama itu nantinya terejawantah dalam pertukaran informasi dalam praktik penanganan perkara pidana, peningkatan kapasitas jaksa melalui pelatihan-pelatihan, dan penanganan perkara pidana sesuai kewenangannya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menyebut pihaknya telah menerima first draft dari Kejaksaan Palestina dan menyiapkan counter draft. Kejagung, lanjutnya, mempersilakan pihak Palestina untuk melakukan pembahasan di Indonesia, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Kejagung tak Soalkan Nihilnya Saksi dari Prancis di Korupsi Garuda

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun berharap naskah nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) bisa segera disepakati dan dilakukan penandatanganan secara tatap muka oleh Jaksa Agung masing-masing pihak.

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung Bidang Penuntutan Palestina mengakui bahwa pihaknya sedang menghadapi berbagai peristiwa pembunuhan dan kejahatan luar biasa.

Oleh karena itu, kerja sama bilateral dengan Kejagung sangat dibutuhkan demi meningkatkan kemampuan jaksa Palestina dalam melakukan penuntutan atas kejahatan-kejahatan berat seperti tindak pidana terorisme dan pencucian uang.(OL-5)


Sumber: Media Indonesia | Kejagung Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan Palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published.