• April 20, 2024 1:44 pm

Harta Karun Ditemukan di Makam Mesir Kuno

ByRedaksi PAKAR

Aug 19, 2016 ,

ARKEOLOG di Mesir menemukan peti berisi mumi dan sejumlah harta karun yang berasal dari Mesir kuno.

Sebanyak 250 peti mati dan 150 patung perunggu ditemukan di situs pemakaman Mesir kuno di Saqqara, diperkirakan berasal dari 500 sebelum masehi.

Patung perunggu itu merupakan representasi dewa-dewi Anubis, Amun, Min, Osiris, Isis, Nefertum, Bastet, dan Hathor. 

Baca juga: Ilmuwan Temukan Petunjuk Baru Terkait Migrasi besar Penduduk di Pasifik

Ditemukan juga patung tanpa kepala Imhotep, arsitek yang membangun piramida Saqqara, menurut keterangan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Tidak hanya patung, di situs itu juga ditemukan instrumen musik kuno bernama sistrum dan bejana perunggu yang dulu digunakan untuk memuja Dewi Isis.

Peti mati yang ditemukan di Saqqara terbuat dari kayu, yang masih utuh, dan berada di terowongan pemakaman. Di dalam peti, arkeolog menemukan mumi, jimat, dan kotak kayu.

Mereka juga menemukan patung kayu yang disepuh emas berwujud Dewi Nephtyhs dan Isis.

Salah satu peti kayu yang ditemukan berisi papirus dalam kondisi bagus, berisi tulisan hieroglif yang diyakini mantra dari Buku Kematian. Temuan ini dikirim ke Museum Mesir di Kairo untuk diteliti.

Temuan menarik lainnya dari penggalian ini berupa tempat celak mata, gelang dan anting-anting.

Peti mati yang ditemukan akan dipajang di Grand Egyptian Museum, yang saat ini masih dibangun di dekat Piramida Giza. Museum itu dijadwalkan buka tahun ini.

Saqqara adalah salah satu situs purbakala terbesar di Mesir, lokasinya berada di sebelah selatan Piramida Giza. Misi penggalian para arkeolog yang menemukan harta karun itu sudah dilakukan sejak 2018. (Ant/OL-1)


Sumber: Media Indonesia | Harta Karun Ditemukan di Makam Mesir Kuno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *