• June 26, 2022 11:57 pm

AS Komitmen Buka kembali Konsulat untuk Palestina di Jerusalem

PEMERINTAHAN Presiden Joe Biden tetap berkomitmen membuka kembali kantor konsulat Amerika Serikat di Jerusalem. Ia akan membahas lebih lanjut rencana tersebut dengan Israel dan Palestina.

“Ada sejumlah langkah yang harus dilakukan untuk membuka kembali fasilitas diplomatik mana pun. Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa yang harus kami katakan sensitivitas unik terhadap fasilitas khusus ini,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, Selasa (31/5).

Mantan presiden Donald Trump memindahkan Kedutaan Besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem pada 2018 dan menutup fasilitas terpisah di kota yang berfungsi sebagai konsulat untuk Palestina. Presiden Joe Biden, yang mengalahkan Trump pada 2020, berjanji membukanya kembali, tetapi tidak menetapkan waktu pastinya.

Baca juga: Israel Pertimbangkan Cap Terorisme untuk Dua Kelompok Ekstremis Yahudi 

Israel secara terbuka menentang rencana tersebut dan menyarankan bahwa misi semacam itu harus dilakukan di luar Jerusalem di Tepi Barat yang dijajahnya. “Kami sedang mengerjakan isu ini dengan mitra Palestina dan Israel kami,” ujar Price. 

The Times of Israel, mengutip pejabat AS dan Palestina yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa sebagai pengganti pembukaan kembali fasilitas, Washington berencana menunjuk diplomat tinggi Departemen Luar Negeri saat ini untuk wilayah tersebut, Hady Amr, sebagai utusan khusus untuk Palestina. Menanggapi laporan tersebut, Price mengatakan dia tidak memiliki informasi apa pun untuk diumumkan. (Ant/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | AS Komitmen Buka kembali Konsulat untuk Palestina di Jerusalem

Leave a Reply

Your email address will not be published.