• April 26, 2024 12:27 am

Hizbullah di Parlemen Libanon Ingatkan Saingannya tidak Bela Israel

SEORANG anggota parlemen dari kelompok Hizbullah yang didukung Iran pada Senin (16/5) memperingatkan saingannya agar tidak menjadi tamen bagi Israel. Ini karena Libanon menunggu hasil pemilihan yang kemungkinan akan melemahkan blok kelompok Syiah itu.

“Kami menerima Anda sebagai lawan di parlemen, tetapi kami tidak akan menerima Anda sebagai tameng bagi Israel,” kata Mohammed Raad, menurut saluran TV Al Manar milik Hizbullah. Pada pertengahan 2006, perang 34 hari Israel–yang pasukannya ditarik dari Libanon selatan pada 2000–melawan Hizbullah.

Raad memimpin blok parlemen yang dipimpin oleh Hizbullah dan terpilih kembali pada Minggu dalam jajak pendapat pertama sejak ekonomi negara itu terseret ke ambang kehancuran dan gerakan protes massa antipemerintah memicu harapan untuk perubahan pada 2019. 

Komentarnya menimbulkan kekhawatiran akan kerusuhan saat negara itu menunggu hasil pada Selasa yang akan menunjukkan Hizbullah dan sekutunya mempertahankan mayoritas yang dapat ditindaklanjuti di parlemen atau tidak. “Jangan menjadi bahan bakar untuk perang saudara,” kata Raad kepada lawan-lawannya.

Libanon mengalami perang saudara 15 tahun yang berakhir pada 1990. Sebagian besar pihak yang berperang berubah menjadi partai politik dan memerintah negara itu selama 30 tahun terakhir.

Independen dari gerakan protes yang baru lahir di negara itu dan anggota saingan berat Hizbullah, Pasukan Libanon (LF) diperkirakan memperoleh keuntungan besar dalam pemilihan hari Minggu. LF Samir Geagea, yang memiliki ikatan kuat dengan Arab Saudi, harus muncul sebagai partai Kristen terbesar, dengan mengorbankan Gerakan Patriotik Bebas (FPM) Presiden Michel Aoun, yang bersekutu dengan Hizbullah.

Baca juga: Lima Tewas dalam Serangan Udara Israel di Suriah

Hizbullah, yang dianggap sebagai organisasi ‘teroris’ oleh banyak negara Barat, sejauh ini mempertahankan semua kursinya. Pendukung Hizbullah tahun lalu menuduh orang-orang bersenjata LF membunuh tujuh pendukung mereka selama protes di Beirut. Kelompok Kristen membantah tuduhan itu.

Hizbullah adalah satu-satunya kelompok yang mempertahankan gudang senjatanya setelah perang saudara di negara itu berakhir. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Hizbullah di Parlemen Libanon Ingatkan Saingannya tidak Bela Israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *