• April 23, 2024 2:17 pm

Cabut Baiat, Ratusan Eks NII Ucapkan Sumpah Setia NKRI

SEBANYAK 391 orang yang tergabung dalam kelompok jaringan NII (Negara Islam Indonesia) mulai Rabu (27/4) menyatakan dirinya kembali ke NKRI yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang 1945. Hal ini mereka menyampaikan saat mencabut baiat massal dengan melakukan pengucapan sumpah setia kepada NKRI di auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (27/4) sore.

Baiat massal itu turut disaksikan langsung oleh Kadensus 88 AT Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa P, Danrem 032 Wirabraja, Kabinda Sumbar, pejabat utama Polda Sumbar, Bupati Dharmasraya, Kapolres Dharmasraya, serta para tokoh lain.

Kapolres Dharmasraya Ajun Komisaris Besar Nurhadiansyah mengatakan, pascapenangkapan oleh Densus terhadap beberapa anggota kelompok NII pada 26 Maret 2022 di Dharmasraya, masyarakat lain yang tergabung dalam pengajian tersebut merasa kebingungan.

Baca juga: Wali Kota Yogyakarta Keluarkan Surat Edaran Jam Malam Bagi Anak

Pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan seluruh komponen di antaranya Forkopimda serta tim Densus 88 Polri untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tergabung NII tersebut. “Jumlah warga yang mengikuti baiat hari ini merupakan hasil penyelidikan Densus 88 Mabes Polri. Alhamdulillah hari ini mereka sepakat dari hati yang paling dalam untuk mencabut baiat,” ujarnya.

Polres bersama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan langkah-langkah mengajak masyarakat yang belum hadir hari ini untuk segera melakukan pencabutan baiat. “Mengajak saudara kita yang lain untuk segera mencabut baiat,” pungkasnya. (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Cabut Baiat, Ratusan Eks NII Ucapkan Sumpah Setia NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *