• May 21, 2022 9:50 pm

Rekam Jejak NII yang Dicap Mau Gulingkan Pemerintah Bermodal Golok

Densus 88 bersama Satbrimob Polda Kalteng menangkap satu terduga teroris di sebuah hotel di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebut kelompok Negara Islam Indonesia (NII) wilayah Sumatera Barat berniat menggulingkan pemerintahan yang sah sebelum Pemilu 2024 mendatang.

Densus 88 mengungkapkan itu dari hasil pemeriksaan dan pengembangan 16 tersangka teroris kelompok tersebut yang ditangkap di wilayah Sumatera Barat pada Maret 2022.

NII bukan kelompok baru. Reputasinya sudah lama diingat oleh masyarakat sejak Indonesia bertempur mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang datang kembali usai Perang Dunia II.

Kelompok tersebut dipimpin oleh politikus Masyumi, Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo. Sebelum mendeklarasikan diri sebagai sebuah kelompok bernama Negara Islam Indonesia atau Darul Islam, Sekarmadji dan pengikutnya ikut berperang melawan Belanda. Mereka berperang atas nama laskar hizbullah dan sabililah di Jawa Barat.

Hasil Perundingan Renville antara Indonesia dan Belanda membuat Kartosuwiryo kecewa. salah satu hasil perundingan itu adalah Jawa Barat masuk wilayah Belanda. Akibatnya tentara dan laskar Indonesia di sana harus dari Jawa Barat.

Kartosuwiryo kecewa karena menganggap Indonesia telah mengkhianati perjuangan masyarakat Jawa Barat. Sejak itu, ia mulai menggaungkan pembentukan negara Islam dengan ribuan pengikut. Mereka pun memiliki senjata.

Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia lewat Konferensi Meja Bundar pada 1949, Kartosuwiryo enggan tunduk kepada pemerintah. Dia masih berupaya meraih simpati masyarakat untuk mendirikan negara dengan syariat Islam. Basis utama pengikutnya berada di Garut dan Tasikmalaya.

NII sempat merepotkan pemerintah Indonesia media 1945 hingga 1950-an dengan menciptakan gangguan keamanan. Hingga kemudian, Presiden Sukarno meminta aparat bertindak tegas.

“Sekali lagi, hai, tentara dan polisi dan rakyat, perlipatgandakanlah usahamu membasmi pengacau-pengacau itu. Segala jalan harus dilalui. Kalau kata-kata saja tak dapat menyehatkan jiwa yang kebingungan, apa boleh buat. Suruhlah senjata berbicara satu bahasa yang lebih hebat lagi,” kata Sukarno pada peringatan Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, 17 Agustus 1953.

Kartosuwiryo ditangkap di Gunung Geber, Rakutak, Bandung Jawa Barat pada Juni 1962 lewat operasi pagar betis yang dilakukan TNI. Dia lalu dieksekusi mati.




Foto: Uncredited via Wikimedia Commons
Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo

Perjuangan Baru

NII tidak benar-benar mati. Para mantan pengikut Kartosuwiryo membentuk kelompok-kelompok baru. Salah satunya Jamaah Islamiyah. Mereka dirangkul oleh Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Ba’asyir.

Solahudin dalam bukunya, NII sampai JI Salafy Jihadisme di Indonesia (2011) mengungkapkan sepanjang 1985-1989 sekitar 200 anggota NII mendapat kesempatan belajar di Harby Pohantum, akademi militer Mujahidin Afghanistan.

“JI yang didirikan oleh Abu Bakar Ba’asyir dan Abdullah Sungkar yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Afghanistan,” kata Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI Brigjen Ahmad Nurakhid saat diwawancara CNNIndonesia.com pada November 2021 lalu.

Para anggota Jamaah Islamiyah yang mendapat pelatihan militer di Afghanistan pulang ke Indonesia dan membuat serangkaian aksi teror. Misalnya, bom Bali I dan II, hingga bom kedutaan besar Australia di Jakarta

Meski sudah tak diakui sebagai kelompok milisi Islam, NII tetap aktif dalam melakukan perekrutan dan penyebaran ideologi hingga saat ini.

Nurwakhid bahkan menyebut bahwa kelompok itu sebagai induk terorisme di Indonesia yang patut diwaspadai. Menurutnya, gerakan politik NII memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Hingga saat ini, pemikiran NII era Kartosuwiryo dipercaya Densus 88 masih aktif tersebar. Menurut Densus, dasar pemikiran itu yang menjadi landasan keinginan untuk melengserkan pemerintahan yang sah.

(mjo/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Rekam Jejak NII yang Dicap Mau Gulingkan Pemerintah Bermodal Golok

Leave a Reply

Your email address will not be published.