• May 26, 2022 5:58 pm

Amerika Serikat Kritik Iran Hadir di Pameran Pertahanan Qatar

DEPARTEMEN Luar Negeri AS memperingatkan kemungkinan sanksi pada Kamis (25/3) setelah pejabat militer Iran menghadiri pameran pertahanan di Qatar dan memamerkan beberapa perangkat keras militer Iran.

“Kami sangat kecewa dan terganggu dengan kehadiran pejabat militer Iran dan dilaporkan perwira Korps Pengawal Revolusi Islam Iran di Pertunjukan Pertahanan Doha di Qatar,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

“Kami benar-benar menolak kehadiran mereka di pameran dan pameran pertahanan maritimnya,” kata Price. Ia menyebut Iran sebagai ancaman terbesar bagi stabilitas maritim di kawasan Teluk.

Iran memiliki pameran besar model pesawat, rudal, dan peralatan militer lain di pameran itu. Ia juga menampilkan kunjungan kapal angkatan laut dari berbagai negara dan pameran oleh beberapa pembuat kapal militer terkemuka dunia.

Qatar ialah sekutu dekat AS, menjadi tuan rumah markas regional Komando Pusat Pentagon di Pangkalan Udara al-Udeid, dan mengizinkan kunjungan pantai reguler oleh kapal angkatan laut AS yang berpatroli di wilayah Teluk.

AS mempertahankan sanksi yang kuat untuk melakukan bisnis dengan militer Iran dan khususnya Korps Pengawal Revolusi yang secara resmi oleh Washington disebut sebagai organisasi teror internasional.

Baca juga: Blinken akan Kunjungi Israel, Tepi Barat, Maroko, Aljazair

“Transaksi yang terkait dengan senjata Iran umumnya dapat dikenai sanksi di bawah beberapa otoritas AS, termasuk sanksi yang terkait dengan terorisme dan senjata pemusnah massal,” kata Price dalam suatu pernyataan. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Amerika Serikat Kritik Iran Hadir di Pameran Pertahanan Qatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.