• May 17, 2022 12:32 pm

Madeleine Albright, Menlu Perempuan Pertama AS, Tutup Usia

MADELINE Albright, yang datang ke Amerika Serikat (AS) sebagai pengungsi saat kanak-kanak dan berhasil menjadi menteri luar negeri perempuan pertama negara itu, meninggal dunia di usia 84 tahun.

Ditunjuk sebagai Duta Besar untuk PBB oleh Persiden Bill Clinton dan kemudian sebagai menteri luar negeri, Albright merupakan salah satu diplomat paling berpengaruh di zamannya.

Dalam ucapan belasungkawanya, Clinton menyebut Albright sebagai kekuatan kebebasan, demokrasi, dan hak asasi manusia. Dia melanjutkan dunia mengalami kehilangan besar dengan wafatnya Albright.

Baca juga: Tornado Hancurkan Rumah-Rumah di Dekat Kota New Orleans AS

Saat menunjuk Albright sebagai menteri luar negeri, Clinton menegaskan gender tidak ada kaitannya dengan pilihannya dan menyebut permepuan itu sebagai kandidat yang paling layak.

Meski begitu, Albright menyadari betapa pentingnya penunjukkan diirnya sebagai menteri luar negeri AS.

“Sebelumnya, satu-satunya cara bagi perempuan agar kebijakan luar negerinya diperhitungkan adalah jika dia menikahi seorang diplomat dan kemudian menuang teh ke pangkuat duta besar negara lawan,” ujar Albright kala berbicara kepada Kelompok Kebijakan Luar Negeri Perempuan, beberapa waktu lalu.

“Hari ini, perempuan terlibat dalam berbagai kebijaan global,” lanjutnya.

Menanggapi meninggalnya Albright, juru bicara Kementerian Luar Negrei AS Ned Price memuji kesuksesan Albright yang membuka jalan bagi banyak permepuan di kementerin luar negeri AS.

Albright menjabat sebagai menteri luar negeri AS di era pasca-Perang Dingin dengan AS tampil sebagai kekuatan superpower tunggal, memimpin perundingan penting dengan para pemimpin dunia terkait pengendalian pesenjataan, perdagangan, terorisme, dan masa depan NATO. (AFP/OL-1)


Sumber: Media Indonesia | Madeleine Albright, Menlu Perempuan Pertama AS, Tutup Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published.