• May 26, 2022 6:44 pm

Jenderal TPNPB Ikrar Setia ke NKRI, Cium Bendera Merah Putih

Alex Ruyaweri yang menyatakan ikrar ke NKRI adalah mantan kepala staf angkatan darat TPNPB wilayah Tabi dengan pangkat jenderal bintang 3.
Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Staf Angkatan Darat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) wilayah Tabi, Alex Ruyaweri Yessi Makabori, berikrar setia ke Negara Kesatuan Republik INdonesia (NKRI) di Jayapura, Papua, Rabu (23/3).

Dalam prosesi tersebut, Alex menyatakan sikap untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan menyerahkan sejumlah perlengkapan yang terkait dengan kelompok separatis tersebut.

“Alex Ruyaweri Yessi Makabori (70) memiliki jabatan sebagai kepala staf angkatan darat TPNPB wilayah Tabi dengan pangkat jenderal bintang 3 yang berperan aktif dalam organisasinya,” kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen kepada wartawan, Kamis (24/3).

Alex mengembalikan peluru hampa berjumlah 20 butir hingga baju loreng dengan pangkat jenderal tiga. Alex pun mencium bendera merah putih untuk menandakan kesetiaan kembali ke NKRI.

Menurut Fredrickus, Alex bersedia memberikan semua dokumen dan barang bukti yang diterimanya selama aktif di TPNPB.

“Berdasarkan dari Surat Perintah tanggal 14 Februari 2022 dan surat pernyataan dari Erik Makabori yang merupakan anak kandungnya meminta kami Polres Jayapura untuk membina orang tuanya,” ujarnya.

Fredrickus menyebut Alex bersedia menjalani pembinaan oleh kepolisian. Alex pun mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua dan Kapolres Jayapura atas tindakan yang dilakukan hingga dirinya kembali ke Indonesia.

(mjo/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Jenderal TPNPB Ikrar Setia ke NKRI, Cium Bendera Merah Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published.