• May 19, 2022 3:14 pm

PMI dukung langkah Menteri BUMN copot Immanuel Ebenezer

ByRedaksi PAKAR

Mar 24, 2022
PMI dukung langkah Menteri BUMN copot Immanuel Ebenezer
Jakarta (ANTARA) – Penggerak Milenial Indonesia (PMI) mendukung langkah Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Immanuel Ebenezer (Noel) dari posisi Komisaris Independen PT Mega Eltra, anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero).

“Pak Menteri BUMN tentu berusaha untuk mencegah radikalisme. Noel dicopot karena menjadi saksi ahli dalam sidang kasus tindak pidana radikalisme di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, yang meringankan terdakwa Munarman, pada bulan lalu,” kata Koordinator PMI, M Adhiya Muzakki dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Adhiya, pencopotan Noel sebagai komisaris perusahaan anak usaha BUMN itu tidak dilakukan oleh Kementerian BUMN langsung, tapi oleh induk perusahaan yang bersangkutan, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero).

Adhiya juga menyatakan, berdasarkan aturan perundang-undangan, seorang pejabat negara dilarang menjadi simpatisan maupun anggota, memberi dukungan langsung maupun tidak langsung yang mengarah pada tindakan terorisme. “Hal itu dilanggar oleh Noel,” katanya.

Pernyataan ini mengacu pada UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN dan Surat Edaran (SE) Menteri BUMN Nomor 15/MBU/XI/2021.

Baca juga: Ketua Trisakti for Jokowi dukung Erick Thohir copot Immanuel Ebenezer

Baca juga: Sebut Anies terlibat ambulans bawa batu, Immanuel Ebenezer dipolisikan

Dalam SE tersebut secara tegas disebutkan, seorang pejabat negara dilarang menjadi simpatisan maupun anggota, memberi dukungan langsung maupun tidak langsung yang mengarah pada tindakan terorisme.

Ditegaskan pula pada poin 2 bahwa setiap BUMN wajib melakukan pencegahan dan penindakan potensi berkembangnya paham radikalisme.

Adhiya menambahkan, PMI akan terus mengawal Menteri BUMN Erick Thohir dalam upaya pencegahan tindak terorisme dan radikalisme di Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, pemberhentian terhadap Noel dilakukan pada Rabu (23/3), tapi keputusannya resminya disampaikan setelah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Pupuk Indonesia (Persero), pada Kamis ini.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | PMI dukung langkah Menteri BUMN copot Immanuel Ebenezer

Leave a Reply

Your email address will not be published.