• March 29, 2024 4:17 am

Komnas HAM Panggil Densus soal Dokter Sunardi 15 Maret

Densus 88 Antiteror Polri kembali menangkap dua tersangka teroris di wilayah Kalimantan Selatan, Rabu (22/12).
Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri bakal dipanggil oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait peristiwa penembakan dokter Sunardi sebagai tersangka kasus dugaan terorisme pada Selasa (15/3) besok.

Diketahui, penembakan itu terjadi di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah pada Rabu (9/3) lalu. Menurut polisi, Sunardi ditembak hingga akhirnya meninggal dunia karena memberikan perlawanan saat akan ditangkap.

“Panggilannya itu untuk besok. Cuma saya gak tahu bentuk panggilannya itu seperti apa,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (14/3).

Ramadhan menyebutkan bahwa kepolisian bakal bekerja sama dengan seluruh prosedur pemeriksaan yang bakal dilakukan oleh Komnas HAM.

Ia pun mengatakan Polri telah menyiapkan sejumlah bukti-bukti terkait peristwa tersebut untuk menjalani pemeriksaan itu.

“Kita tunggu saja besok, setelah itu tentu kita secara transparan apa hasil panggilan Komnas HAM terhadap Densus akan kita sampaikan,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Komnas HAM belum menjawab pasti soal agenda pemanggilan terhadap Densus tersebut.

“Tunggu kabar besok ya” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/3).

Sebagai informasi, Sunardi tewas diganjar timah panas oleh aparat lantaran diduga membahayakan nyawa petugas dan masyarakat selama proses penangkapan. Ia disebut memberikan perlawanan secara agresif.

Polisi pun menembak Sunardi usai menabrak kendaraan warga dan mengakibatkan dua petugas terluka. Sunardi sempat hendak dievakuasi ke Rumah Sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Pengejaran itu dilakukan karena Sunardi merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana terorisme. Ia disebut tergabung dengan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Komnas HAM lantas menyatakan telah melakukan penyelidikan dan bakal segera memanggil anggota Densus untuk diklarifikasi terkait peristiwa penembakan itu.

(lin/ain)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Komnas HAM Panggil Densus soal Dokter Sunardi 15 Maret

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *