• May 26, 2022 6:15 pm

Rocky Gerung Beri Ceramah soal ISIS di Sidang Munarman

Di sidang Munarman, Rocky Gerung mengaku mempelajari perbandingan antarnegara dan ia tidak menemukan alasan untuk menyetujui ISIS.
Jakarta, CNN Indonesia

Akademisi Rocky Gerung mengaku tidak setuju terhadap Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Meski demikian, ia mengaku tidak anti terhadap orang yang pro ISIS.

Rocky mengaku mempelajari perbandingan antar negara dan ia tidak menemukan alasan untuk menyetujui ISIS. Hal ini ia ungkap saat dihadirkan sebagai ahli Filsafat Hukum dalam sidang kasus dugaan tindak terorisme Munarman.

“Saya bilang saya tidak setuju dengan ISIS, bukan saya anggap saya enggak setuju dengan orang yang pro ISIS, lain. Saya bisa kasih argumentasi sendiri terhadap argumen saya,” kata Rocky di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (2/3).

Dalam studinya, Rocky menemukan bahwa dalam ISIS terdapat hierarki. Hal ini bertentangan dengan demokrasi yang tidak membolehkan adanya hierarki.

Selain itu, kata Rocky, ISIS juga memiliki kecenderungan budaya yang intoleran dan melakukan kekerasan. Sementara, kekerasan tidak diizinkan. Hal ini membuat Rocky tidak memberikan apresiasi akademis terhadap ISIS.

“Apalagi itu kulturnya juga tidak toleran bahkan terhadap sesamanya, jadi semua itu membatalkan saya untuk mengapresiasi secara akademisi,” ujar Rocky.

Meski demikian, kata Rocky, ia tidak bisa melarang orang lain menyetujui ISIS. Sebab, setiap orang memiliki pengalaman batin dan tipe ideal masing-masing. Rocky juga mengaku model berpikirnya terkait ISIS mungkin tidak bisa digunakan orang lain.

Pada kesempatan tersebut, Rocky menolak permintaan Jaksa agar memberikan pandangan terkait orang-orang yang bergabung ISIS. Sebab, setiap dari mereka memiliki pengalaman masing-masing.

“Enggak mungkin saya menerangkan mereka, dia secara eksistensial punya pengalaman lain, ini saya bilang saya dungu kalau saya mau terangkan ini,” kata Rocky.

Sebelumnya, Munarman didakwa telah menggerakkan orang untuk melakukan tindakan teror dan membantu tindakan terorisme.

Ia disebut menghadiri acara baiat kepada ISIS dan Abu Bakar Al Baghdasi di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Selain itu, Munarman juga menghadiri acara baiat yang sama yang dikemas dalam agenda Tabligh Akbar FPI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Munarman juga disebut mengajak peserta forum di UIN Sumatera Utara untuk mendukung ISIS.

(iam/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Rocky Gerung Beri Ceramah soal ISIS di Sidang Munarman

Leave a Reply

Your email address will not be published.