• March 29, 2024 4:25 pm

Norris tercepat pada hari pertama tes pramusim F1 di Barcelona

ByRedaksi PAKAR

Feb 24, 2022
Norris tercepat pada hari pertama tes pramusim F1 di Barcelona
Jakarta (ANTARA) – Lando Norris membawa McLaren ke puncak catatan waktu hari pertama tes pramusim Formula 1 di Sirkuit Barcelona-Catalunya di mana mobil-mobil 2022 yang didesain mengikuti perombakan regulasi musim ini mengawali era baru.

Norris yang sepanjang hari itu menguji MCL36 mencetak lap terbaik di sirkuit Spanyol itu dalam satu menit 19,568 detik pada Rabu guna mengalahkan Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang berbagi tugas menguji mobil Ferrari F1-75.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton finis P5 di belakang George Russell setelah menggantikan tugas rekan satu timnya itu pada sesi siang.

Max Verstappen yang mengusung nomor 1 bersama mobil Red Bull-nya tahun ini sebagai juara dunia bertahan, pada peringkat sembilan.

“Terlalu dini untuk menyimpulkan apapun,” kata Norris kepada awak media televisi seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Hamilton merasa jauh lebih segar setelah hiatus

“Kami baru menjalani satu hari dalam musim ini dan bahkan apabila kami luar biasa sekarang, semuanya bisa berubah ketika kami tiba pada balapan pertama.”

Mobil baru RB18 milik Verstappen terlihat di depan publik untuk pertama kalinya setelah Red Bull meluncurkan liverynya dan mencuri perhatian karena desain sidepod yang baru.

Hal itu memungkinkan sang pebalap Belanda mencetak lap terbanyak hari itu dengan 147 putaran.

“Kami ingin menjalani lap hari ini untuk membiasakan diri dengan mobil dan mendapatkan pemahaman secara umum bagaimana dia berperilaku,” kata Verstappen yang akan menyerahkan tugasnya kepada Sergio Perez pada Kamis.

“Semuanya berjalan sangat baik, jadi ini start yang bagus dan hari yang positif.”

Ferrari menjadi tim yang melaju dengan jarak paling panjang saat Leclerc dan Sainz mengumpulkan 153 putaran untuk tim Italia itu. Delapan dari 10 tim melahap lebih dari 100 putaran.

Baca juga: Mobil baru Red Bull RB18 diluncurkan

Haas mengalami hari yang berat saat Nikita Mazepin mendapati pendingin mobilnya bocor, sedangkan rekan satu timnya Mick Schumacher terhalang kerusakan lantai mobil sehingga kedua pebalap hanya menjalani 43 lap.

Alfa Romeo mencatatkan jarak paling pendek hari itu saat pebalap cadangan Robert Kubica dan mantan pebalap Mercedes Valtteri Bottas membuat 32 putaran saja.

Catatan waktu yang tidak terlalu berarti dalam tes saat tim dan pebalap menjalankan berbagi program dan jumlah bahan bakar yang berbeda, semakin tak relevan pada Rabu karena peserta sedang membiasakan diri dengan mobil-mobil baru yang memiliki desain radikal untuk membuat balapan lebih ketat musim ini.

Tim akan melanjutkan tes dua hari berikutnya sebelum terbang ke Bahrain untuk menjalani tes pramusim kembali pada 10-12 Maret.

Negara kerajaan itu juga akan menjadi tuan rumah balapan pembuka musim pada 20 Maret.

Baca juga: Lando Norris perpanjang kontrak dengan Mclaren hingga 2025

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Norris tercepat pada hari pertama tes pramusim F1 di Barcelona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *