• April 24, 2024 10:54 am

Munarman soal Tak Protes Baiat FPI Makassar: Bisa Digebukin Saya

ByRedaksi PAKAR

Feb 16, 2022
Mantan Sekretaris Umum FPI Munarman diperiksa sebagai terdakwa kasus terorisme hari ini, Rabu (16/2).
Jakarta, CNN Indonesia

Mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman mengaku tidak berani protes acara baiat terhadap ISIS dan Abu Bakar Al Baghdadi yang dilaksanakan dalam acara Tabligh Akbar FPI Makassar, Sulawesi Selatan karena takut digebuk.

Hal ini Munarman sampaikan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

“Karena itu rumah orang, itu tempat orang saya tamu saya diundang, saya tidak bisa tunjukkan sikap keluar protes bisa digebukin saya, itu Makassar Bu, bukan tempat lain,” kata Munarman menjawab pertanyaan Jaksa di PN Jaktim, Rabu (16/2).

Munarman mengaku tidak bisa melarang pelaksanaan baiat kepada ISIS di acara tersebut. Sebab, ia hanya tamu. Menurutnya, jika yang menggelar acara baiat adalah FPI, maka akan ia larang.

“Katakanlah kalau itu di FPI saya larang itu, enggak mungkin saya larang. Tapi itu bukan FPI itu di tempat orang,” ujar Munarman.

Lebih lanjut Jaksa menanyakan apakah Munarman tidak meminta izin secara halus untuk meninggalkan acara tersebut.

“Ketika ada baiat apakah tidak usaha minta izin secara halus untuk tinggalkan ruangan?” tanya Jaksa.

Munarman lantas mengatakan saat itu ia sedang asik bermain handphone sebagaimana terekam dalam video barang bukti Jaksa. Menurutnya, ia secara spontan menoleh saat orang-orang berbaiat.

Munarman kemudian memprotes pertanyaan Jaksa yang mengungkit apakah dia turut melafalkan takbir dalam acara itu atau tidak.

“Kalau ada yang menerjemahkan takbir sebagai negatif itu otaknya yang negatif menurut saya, bukan takbirnya,” kata Munarman.

Sebelumnya, Munarman didakwa telah menggerakkan orang untuk melakukan tindakan teror dan membantu tindakan terorisme.

Ia disebut menghadiri acara baiat kepada ISIS dan Abu Bakar Al Baghdasi di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Selain itu, Munarman juga menghadiri acara baiat yang sama yang dikemas dalam agenda Tabligh Akbar FPI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Munarman juga disebut mengajak peserta forum di UIN Sumatera Utara untuk mendukung ISIS.

(iam/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Munarman soal Tak Protes Baiat FPI Makassar: Bisa Digebukin Saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *