• April 19, 2024 10:54 am

Pemukim Israel Cabuti Ratusan Pohon Zaitun Sumber Pendapatan Warga Palestina

PEMUKIM Israel hari ini mencabut sekitar 110 pohon zaitun di kota Burqin, sebelah barat kota Salfit, Tepi Barat utara, menurut sumber-sumber lokal. Para pemukim menyelinap masuk ke kebun seluas 14 donum milik warga Palestina di Khirbet Jalal al-Din dan mencabut 85 pohon zaitun.

Warga Palestina tersebut bernama Ghaleb al-Sheikh Omar mengatakan kepada kantor berita Palestina Wafa, Kamis (10/2). 

Para pemukim, imbuhnya, juga mencabut 25 pohon zaitun milik Mohamed al-Sheikh di kebunnya, daerah al-Matwi, sebelah timur kota itu.

Kekerasan pemukim terhadap warga Palestina dan harta benda mereka merupakan hal rutin terjadi di Tepi Barat dan jarang dituntut oleh otoritas Israel. Kekerasan pemukim termasuk pembakaran properti dan masjid, pelemparan batu, pencabutan tanaman dan pohon zaitun, dan serangan terhadap rumah yang rentan.

Lebih dari 700.000 orang Israel tinggal di permukiman khusus Yahudi di Jerusalem Timur yang diduduki dan Tepi Barat yang melanggar hukum internasional. Dengan lebih dari 12 juta pohon zaitun ditanam di 45% lahan pertanian Tepi Barat, panen buah itu merupakan salah satu sumber ekonomi berkelanjutan terbesar bagi ribuan keluarga Palestina.

Menurut UN OCHA, industri minyak zaitun mendukung mata pencaharian lebih dari 100.000 keluarga dan menyumbang seperempat dari pendapatan pertanian kotor wilayah pendudukan. Namun, seperti yang dicatat oleh LSM lokal, Miftah, “Pohon zaitun membawa lebih dari sekadar makna ekonomi dalam kehidupan orang Palestina. Zaitun tidak seperti pohon lain. Zaitun merupakan simbol keterikatan orang Palestina dengan tanah mereka.”

Baca juga: Pasukan Israel Tembaki Tiga Warga Palestina yang Dituduh Teroris

“Karena pohon-pohon itu tahan kekeringan dan tumbuh di bawah kondisi tanah yang buruk, mereka mewakili perlawanan dan ketahanan Palestina. Fakta bahwa pohon zaitun hidup dan berbuah selama ribuan tahun sejajar dengan sejarah dan kelangsungan Palestina di tanah itu.” (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Pemukim Israel Cabuti Ratusan Pohon Zaitun Sumber Pendapatan Warga Palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *