• June 13, 2024 7:17 am

Densus 88 Geledah Rumah Penjual Roti Bakar di Bantul

Densus 88 menggerebek sebuah rumah yang dihuni penjual roti bakar di Bantul, Yogyakarta. Salah satu penghuninya diduga anggota teroris.
Yogyakarta, CNN Indonesia

Jajaran Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dilaporkan mengamankan seorang terduga teroris di wilayah RT 02 Dusun Soragan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (9/2) pagi.

Ketua RT 02 Dwi Rachmanto mengaku pagi tadi dihubungi oleh personel dari Polda DIY dan diminta menjadi saksi penggeledahan sebuah rumah kontrakan di wilayahnya.

Dwi menjelaskan, rumah tersebut dikontrak dan dihuni oleh dua keluarga asal Kota Yogyakarta sejak dua tahun lalu. Penghuninya, yakni terduga teroris berinisial R dan keluarganya, serta orangtua R.

“Tadi kejadian (penggeledahan) sekitar jam 9 (pagi) itu mau menggeledah di rumah terduga, Mas R. Karena kami juga kurang begitu paham mas R, tapi kalau bapaknya kami tahu, terdata di sini ada Pak K,” kata Dwi di kediamannya, Kasihan, Bantul, Rabu (9/2).

Penggeledahan berjalan cukup singkat atau hanya berlangsung sekitar satu jam saja oleh 5 anggota tak berseragam. Pihak orangtua R kooperatif selama prosesnya, sementara sosok terduga, kata Dwi, tak terlihat di lokasi.

“Dari kepolisian menjelaskan, tadi sebelum penggeledahan sosok terduga sudah diamankan dulu oleh kepolisian, tapi di mana kita enggak tahu. Jam berapa kita enggak tahu,” tuturnya.

Dwi sendiri mengaku tak kenal dekat dengan R. Namun, berdasarkan keterangan warga sekitar, terduga merupakan sosok yang tertutup.

“Kesehariannya dia jualan roti bakar di depan Makam Soragan. Tapi kalau kesehariannya kita juga enggak tahu detailnya,” ungkap dia.

Petugas mengamankan sejumlah barang bukti dalam penggerebekan ini, antara lain 3 buah buku tentang pertentangan ajaran Syiah, KTP, Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan satu buah handphone.

“Yang lima barang bukti disita di rumah, yang handphone di gerobak untuk jualan roti itu tadi,” pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Bantul AKBP Ihsan membenarkan soal giat penggeledahan oleh jajaran Densus 88 di wilayahnya.

“Iya Mas, kita hanya membantu pengamanan kegiatan penggeledahan yang dilakukan oleh Densus 88 di rumah terduga pelaku di wilayah Kasihan, Bantul,” kata Ihsan melalui pesan WhatsApp, Rabu.

(kum/wis)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Densus 88 Geledah Rumah Penjual Roti Bakar di Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *