• June 26, 2024 3:58 am

Human Rights Watch Desak Mesir Ungkap Keberadaan Anggota Ikhwanul Muslimin

HUMAN Rights Watch pada Senin (31/1) meminta pihak berwenang Mesir untuk mengungkapkan keberadaan seorang anggota Ikhwanul Muslimin yang dilaporkan menghilang setelah pendaratan tak terjadwal di Mesir.

Hossam Menoufy Sallam melakukan perjalanan pada 12 Januari dengan penerbangan langsung dari Khartoum ke Istanbul ketika penerbangannya melakukan pendaratan tak terjadwal di Luxor di selatan Mesir, kata HRW sebagaimana dilansir i24 News.

Pendaratan yang tidak direncanakan itu terjadi sebagai prosedur rutin setelah sistem pendeteksi asap meledak di kabin kargo, kata Badr Airlines yang berbasis di Khartoum dalam suatu pernyataan.

“Setelah semua penumpang turun ke ruang tunggu transit, petugas keamanan memanggil Menoufy dan memeriksa paspor dan dokumen perjalanannya,” kata HRW dalam laporannya.

Kementerian Dalam Negeri Mesir mengeluarkan pernyataan pada 15 Januari yang mengatakan bahwa Menoufy ditahan sambil menunggu penyelidikan.

“Pemerintah Mesir harus segera mengungkapkan keberadaan Hossam Menoufy dan mengizinkan pengacara dan keluarganya untuk melihatnya,” kata Joe Stork, wakil direktur HRW Timur Tengah.

Media lokal di Mesir melaporkan bahwa Menoufy ialah tokoh utama kelompok militan Hasm, yang diyakini sebagai faksi yang memisahkan diri dari Ikhwanul Muslimin.

Mesir melancarkan tindakan keras terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin setelah penggulingan mendiang Presiden Mohamed Morsi pada 2013 yang berasal dari kelompok itu.

Ikhwanul telah ditetapkan sebagai organisasi teroris pada akhir 2013, tetapi kelompok itu secara konsisten menyangkalnya terkait dengan kekerasan.

Baca juga: Mesir Jatuhkan Hukuman Mati kepada 10 Anggota Ikhwanul Muslimin

Pada Minggu, pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman mati terhadap 10 anggota kelompok tersebut yang dinyatakan bersalah melakukan kekerasan terhadap petugas keamanan pada 2015, kata sumber pengadilan. (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Human Rights Watch Desak Mesir Ungkap Keberadaan Anggota Ikhwanul Muslimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *