• March 29, 2024 8:02 am

Sahroni: Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura momentum bersejarah

ByRedaksi PAKAR

Jan 26, 2022
Sahroni: Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura momentum bersejarah
Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura merupakan momentum penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Dia mengapresiasi langkah pemerintah karena perjanjian ekstradisi tersebut menegaskan bahwa Indonesia menyatakan “perang” terhadap mafia.

“Karena selama ini kita kerap mendengar bahwa koruptor yang kabur ke Singapura bisa menjadikan negara itu ‘safe heaven’, namun sekarang tidak lagi. Sudah saatnya para koruptor dan pelanggar hukum lainnya dipaksa ‘mudik’,” kata Sahroni dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Satgas: Perjanjian ekstradisi RI-Singapura permudah kejar obligor BLBI

Dia mengatakan perjanjian tersebut akan sangat memudahkan KPK dalam menjalankan tugasnya memberantas korupsi di Indonesia. Hal itu, menurut dia, karena Singapura sering menjadi pilihan para buronan untuk berlindung.

“Saya yakin, perjanjian ini akan menjadi bagian kemajuan dari sistem pemberantasan tindak pidana, khususnya korupsi di Indonesia,” ujarnya.

Sahroni mengatakan perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura itu dapat mencegah dan memberantas para koruptor asal Indonesia lari ke Singapura.

Baca juga: Wakil Ketua MPR apresiasi perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura

Dia meyakini tugas KPK akan dimudahkan dengan penandatanganan perjanjian ekstradisi tersebut sehingga dirinya menyebut sebagai aturan yang “game changer”.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menandatangani perjanjian ekstradisi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Singapura untuk mencegah praktik korupsi lintas batas negara.

“Perjanjian ini bermanfaat untuk mencegah dan memberantas tindak pidana yang bersifat lintas batas negara, seperti korupsi, narkotika, dan terorisme,” kata Menkumham Yasonna H Laoly melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (25/1).

Baca juga: Kapolri sambut baik perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura

Yasonna mengatakan perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura memiliki masa retroaktif (berlaku surut terhitung tanggal diundangkan) selama 18 tahun ke belakang.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan maksimal kedaluwarsa sebagaimana diatur dalam Pasal 78 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Sahroni: Perjanjian ekstradisi Indonesia-Singapura momentum bersejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *