• March 28, 2024 3:27 pm

Belanda Tangguhkan Pendanaan LSM Palestina Dicap Israel Kelompok Teroris

BELANDA akan menghentikan pendanaan satu LSM Palestina karena ‘hubungan individu’ dengan suatu kelompok yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Komite Persatuan Kerja Pertanian (UAWC) dituduh memiliki hubungan dengan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), kelompok yang dipersalahkan atas serangan Tepi Barat 2019 yang menewaskan seorang wanita Israel.

LSM tersebut juga merupakan salah satu dari enam kelompok masyarakat sipil yang ditetapkan Israel sebagai organisasi teroris pada Oktober karena diduga memiliki hubungan dengan kelompok Palestina. “Hubungan individu antara UAWC dan PFLP dan kurangnya keterbukaan atas masalah ini dari UAWC menjadi alasan untuk tidak lagi mendanai kegiatan tersebut,” kata pemerintah Belanda dalam surat kepada parlemen setelah penyelidikan terhadap LSM tersebut, Rabu (5/1).

Namun penyelidikan terhadap UAWC gagal menunjukkan hubungan organisasional antara UAWC dan PFLP dan tidak menunjukkan dana mengalir antara UAWC dan PFLP, tambah pemerintah.

UAWC–yang bekerja dengan petani kecil dan telah menerima dukungan keuangan dari Belanda sejak 2007– mengatakan terkejut dan sedih dengan keputusan tersebut. “Sejak awal, penyelidikan ini bermotif politik dan menanggapi tekanan dari pemerintah Israel,” tambahnya.

Israel menuduh PFLP berada di balik serangan bom September 2019 di Tepi Barat yang menewaskan seorang remaja Israel. Dua pria yang ditangkap karena dicurigai terlibat dalam serangan itu–dan masih dalam penyelidikan–bekerja untuk UAWC.

UAWC berhenti mempekerjakan keduanya dan memberi tahu Belanda bahwa mereka mengklaim tidak ada dari keduanya yang terlibat dalam kegiatan yang didanai Belanda. 

Baca juga: Meski Dikecam, Komite Israel Dukung 3.500 Rumah Ilegal Jerusalem Timur

Namun setelah penyelidikan awal, pemerintah Belanda menangguhkan pembayaran kepada kelompok tersebut pada 2020 dan meluncurkan penyelidikan eksternal tentang kemungkinan hubungan antara UAWC dan PFLP.

Penyelidikan menunjukkan ada hubungan yang masuk akal ‘di tingkat individu’ antara karyawan UAWC dan anggota dewan dan PFLP. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Belanda Tangguhkan Pendanaan LSM Palestina Dicap Israel Kelompok Teroris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *