• April 20, 2024 2:17 pm

Yenny Wahid soal Radikalisme: Orang Frustrasi Diprovokasi Bahasa Agama

Aktivis Yenny Wahid menyebut faktor yang membuat orang radikal itu adalah kegelisahan, rasa gelisah, rasa putus asa, dan rasa frustrasi.
Jakarta, CNN Indonesia —

Putri kedua Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid atau menyebut salah satu pemicu seseorang menjadi radikal ialah karena sedang dalam keadaan frustrasi.

Orang tersebut kemudian diprovokasi dengan bahasa emosional yang biasanya bersinggungan agama atau politik.

Menurut Yenny asal usul orang radikal itu itu terkuak dari riset yang dilakukan Wahid Foundation selama beberapa tahun. Hal ini Yenny sampaikan dalam konferensi pers Haul Gus Dur ke 12 di Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (30/12).

“Salah satu faktor yang membuat orang radikal itu adalah kegelisahan, rasa gelisah, rasa putus asa, rasa frustrasi. Kemudian ada orang memprovokasi mereka dengan bahasa-bahasa yang emosional, dan bahasa emosional itu biasanya adalah bahasa agama atau bahasa politik,” kata Yenny.

Menurut Yenny, persoalan radikalisme tidak harus dipahami hingga ke akarnya. Penyebab rasa frustrasi, kegelisahan, dan rasa ketidakadilan di tengah masyarakat, kata dia, harus dipahami.

Radikalisme juga tidak bisa hanya ditangani oleh aparat penegak hukum. Menurutnya, persoalan ini harus diselesaikan dengan pendekatan batin.

“Tidak bisa aparat keamanan saja. Pendekatan keamanan itu tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah,” ujar Yenny.

Menurut Yenny, sebagian besar orang-orang yang gelisah merupakan pemuda. Namun, mereka kerap tidak memiliki ruang untuk mengungkapkan rasa gelisah tersebut.

Ketika berinteraksi di media sosial, sebagian orang-orang tersebut menjadi korban bullying dan merasa frustrasi karena tidak bisa sukses seperti yang mereka harapkan.

“Frustasi, marah nah ini dilampiaskan, ada yang bilang, oh gara-gara orang kafir lah, gara-gara orang dari luar, dan macam-macam. Terciptalah xenofobia, terciptalah sikap radikal itu,” tuturnya.

(iam/ain)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Yenny Wahid soal Radikalisme: Orang Frustrasi Diprovokasi Bahasa Agama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *