• January 18, 2022 2:13 pm

Kapolri Wanti-wanti Ancaman Kelompok Intoleran-Radikal di Malam Natal

Polri juga mengantisipasi aksi curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, hingga aksi perusakan fasilitas umum di malam Nataru.
Jakarta, CNN Indonesia —

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan ancaman dari kelompok radikal dan intoleran selama pengamanan di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ini disampaikan Listyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021 di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12).

“Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi. Antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme,” kata Anies saat membacakan amanat Listyo.

Selain itu, aksi kriminal lainnya juga mesti diwaspadai. Yakni curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, hingga kerumunan masyarakat yang berpotensi penyebaran Covid-19.

Listyo juga meminta jajarannya untuk mengantisipasi bencana alam, seperti banjir, tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan di masa Nataru.

“Oleh karena itu Operasi Lilin 2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas harus kita cegah dan antisipasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 ini diharapkan masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19,” ucapnya.

Diketahui, Operasi Lilin 2021 mulai Kamis (23/12) hari ini hingga 2 Januari 2022 mendatang dengan melibatkan 177.212 personel gabungan.

Ratusan ribu personel gabungan itu bakal ditempatkan di 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan yang telah disiapkan selama masa Nataru.

Selain itu, fokus pengamanan juga dilakukan di 54.959 objek di seluruh Indonesia, baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

(dis/ain)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Kapolri Wanti-wanti Ancaman Kelompok Intoleran-Radikal di Malam Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *