• January 27, 2022 4:08 am

Mendagri Australia harap RI perkuat kerja sama keamanan regional

ByRedaksi PAKAR

Dec 22, 2021
Mendagri Australia harap RI perkuat kerja sama keamanan regional
Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Australia Karen Andrews dalam kunjungannya menemui Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Rabu, mengharapkan kerja sama bilateral antara Australia dan Indonesia, terutama bidang keamanan regional diperkuat.

Menurut Karen Andrews, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Tito Karnavian yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) itu telah dikenal luas kepolisian Australia sebagai ahli dan tokoh kontra terorisme sehingga perannya dalam membangun kerja sama tersebut pun diharapkan.

Harapan itu, kata dia, juga didasarkan pada perubahan dinamika politik, seperti di Afghanistan dan Suriah yang memunculkan ancaman keamanan regional, baik bagi Australia maupun Indonesia, khususnya di bidang terorisme.

Dalam kunjungannya itu, Karen pun menyimak dan mempelajari banyak hal dari penjelasan Tito Karnavian terkait perkembangan terorisme dan radikalisme pascaperistiwa Bom Bali, maraknya kejahatan siber, perdagangan manusia, serta kejahatan transnasional.

Baca juga: Mendagri Australia positif COVID-19

Kemudian saat Karen menanyakan bidang kerja sama yang perlu dikembangkan Australia dan Indonesia ke depannya, Tito Karnavian menyampaikan bahwa pertukaran informasi dan pengembangan kapasitas antarinstitusi keamananlah yang sangat dibutuhkan.

Di samping itu, Karen juga menanyakan kunci keberhasilan Indonesia dalam menghadapi serangan pandemi COVID-19.

Tito Karnavian menjelaskan keberhasilan itu dicapai melalui penerapan PPKM yang terukur dan program vaksinasi yang progresif.

Mendengar penjelasan tersebut, Karen merasa kagum dan mengapresiasi keberhasilan Indonesia mengatasi COVID-19 dengan baik, meskipun berwilayah luas dan berpopulasi besar.

Dalam kesempatan tersebut, Karen menyampaikan pula undangan khusus kepada Tito Karnavian untuk berkunjung ke Australia pada tahun 2022.

Kunjungan itu, ujarnya, bertujuan menguatkan hubungan bilateral negara melalui fungsi kementerian dalam negeri kedua negara, khususnya berkenaan pengembangan program baru yang dibutuhkan untuk penguatan keamanan dan perdamaian regional.

Pengembangan tersebut, menurut Karen, bernilai penting mengingat dinamisnya tantangan yang berkembang saat ini dan di masa depan.

Di akhir pertemuan, keduanya bertukar cendera mata.

Dalam pertemuan itu, hadir pula Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams dan Penasihat Senior Kementerian Dalam Negeri Australia Lachlan MCNaughton mendampingi Karen Andrews.

Sementara itu, Tito Karnavian didampingi Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA, Kepala Pusat Fasilitas Kerja Sama Heriyandi Roni, serta Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber: Antara News | Mendagri Australia harap RI perkuat kerja sama keamanan regional

Leave a Reply

Your email address will not be published.