• January 27, 2022 3:21 am

Densus Tangkap 1 Terduga Teroris di Hotel Kalimantan Tengah

Densus 88 bersama Satbrimob Polda Kalteng menangkap satu terduga teroris di sebuah hotel di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Jakarta, CNN Indonesia —

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus satu terduga teroris berinisial MS di sebuah Hotel di wilayah Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Benar (ada penangkapan),” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Rabu (22/12).

Ia menyebutkan bahwa penangkapan itu dilakukan oleh personel Satbrimob Polda Kalteng bersama Densus 88 Antiteror Polri.

Namun demikian, ia belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai keterlibatan dan jaringan dari terduga teroris yang diamankan. Alasannya, penyidik masih mengembangkan perkara.

“Nanti dijelaskan via Humas ya,” tandas dia.

Dalam sebulan terakhir Densus 88 telah mengamankan puluhan terduga teroris di sejumlah wilayah. Tercatat, ada sembilan orang diamankan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), satu orang di Sumatera Selatan (Sumsel), dan empat lainnya di Kepulauan Riau.

Kemudian, lima tersangka lain teroris jaringan JI ditangkap di kawasan Lampung dan Sumatera Selatan. Empat tersangka bertugas untuk mengamankan buron teroris lain yang dikejar oleh aparat.

Penangkapan dilakukan usai kepolisian mengembangkan perkara amir atau pimpinan tertinggi JI, Para Wijayanto yang ditangkap pada 2019 lalu di Bekasi. Selain itu, Densus juga melakukan penangkapan besar-besaran kepada jaringan JI di wilayah Lampung pada November 2020.

JI merupakan organisasi militan teroris yang berada di kawasan Asia Tenggara. Kelompok ini merupakan dalang dari peristiwa Bom Bali 1 dan 2, serta sejumlah aksi teror lain dalam dua dekade terakhir

(mjo/wis)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Densus Tangkap 1 Terduga Teroris di Hotel Kalimantan Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published.