• January 27, 2022 3:19 am

UNIVERSITAS Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Wisuda Program Doktor ke-5, Program Magister ke-43, Program Sarjana ke-74, dan Program Diploma III, Sabtu (27/11) di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD). Acara wisuda kali ini juga diisi orasi ilmiah oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si tentang pentingnya kemampuan berkomunikasi sebagai salah satu soft skill yang dibutuhkan para wisudawan.

Wisuda dihadiri secara luring oleh 1.673 wisudawan dari 10 fakultas dan disaksikan secara daring oleh sivitas akademika UMJ dan keluarga wisudawan yang berada di berbagai daerah. Rektor UMJ, Dr Ma’mun Murod, M.Si menyatakan permohonan maaf kepada orang tua dan keluarga wisudawan karena UMJ tidak dapat melaksanakan acara wisuda offline secara murni karena sesuai dengan arahan Satgas Covid-19.

Rektor UMJ mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menitipkan harapan untuk menebarkan dakwah Islam yang berkemajuan. “Dimanapun Anda berkarya nanti, sebagai alumni UMJ, tetap tebar dan bantu dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat,” jelasnya.

Ma’mun Murod juga menyebut masih banyak persoalan yang berkaitan dengan radikalisme beragama. “Persoalan lain adalah terkait dengan Pancasila yang harus dimaknai bukan hanya sebagai ideologi negara namun bagaimana Pancasila harus diimplementasikan di tengah bernegara, berbangsa dan bermasyarakat,” jelasnya.

Wakil Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertis) Wilayah I DKI Jakarta Prof. Dr.Ahmad Thib Raya, MA dalam sambutannya secara daring menyatakan harapan agar wisudawan menjaga prinsip-prinsip yang diajarkan UMJ. “Dimana pun berada, bertakwalah pada Allah. Bergaulah  dengan siapapun di tengah masyarakat dengan akhlak mulia,” jelasnya

Sedangkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa para wisudawan akan bersaing dengan alumni perguruan tinggi luar negeri, bukan hanya dalam negeri. Karena itu dia para meminta para wisudawan sebagai alumni UMJ harus selalu siap dalam persaingan.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Majelis Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D. juga menyemangati wisudawan untuk mampu mengembangkan diri, profesional, dan inovatif. Ia juga menyatakan bahwa UMJ harus menjadi contoh bagi universitas Muhammadiyah lainnya di seluruh Indonesia. (RO/OL-15)

 


Sumber: Media Indonesia | UMJ Gelar Wisuda Secara Hybrid

Leave a Reply

Your email address will not be published.