• July 24, 2024 3:20 am

Paviliun Indonesia Pamer Kecanggihan Teknologi Pengolahan Air ke Peserta World Water Forum

Paviliun Indonesia Pamer Kecanggihan Teknologi Pengolahan Air ke Peserta World Water Forum

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Paviliun Indonesia di World Water Forum(MI/Arnoldus Dhae)

PAVILIUN Indonesia di ajang Fair and Expo World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua Bali berhasil memamerkan kecanggihan teknologi dan berbagai infrastruktur air kepada peserta atau delegasi di Nusa Dua Bali. 

Selain Indonesia, pameran itu juga diikuti 160 partisipan dari 17 negara yang juga memamerkan berbagai teknologi dan inovasi pengolahan air. 

Pameran ini dibuka oleh Ketua Inter-Parliamentary Union (IPU) yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani. Pameran ini berlangsung hingga berakhirnya gelaran World Water Forum ke-10, pada 25 Mei 2024.

Baca juga : BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Aman

“Saya sangat senang dapat menyambut para partisipan dalam pembukaan Fair and Expo World Water Forum ke-10 ini. Event ini, harapannya, memberikan peluang yang baik untuk mempromosikan inisiatif dan inovasi dari berbagai negara dan stakeholders,” kata Puan. 

Saat meninjau pameran pada salah satu gerai, Puan membeli produk Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah (UMKM) dari bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno, yang hadir bersama Puan, menjelaskan terdapat sedikitnya 160 partisipan dari 17 negara yang terlibat dalam Fair and Expo tersebut. 

Baca juga : Bentoel Group Pamerkan Inisiatif ‘Save the Drop’ Pengolahan Air Limbah pada World Water Forum 2024

“Semua booth fully booked,” kata Sandiaga. 

Ia menyebutkan bahwa produk asal Indonesia tidak kalah dengan berbagai produk dari negara lainnya. Namun, harus diaku beberapa negara yang menonjol adalah Korea Selatan (Korsel), Jepang, dan Tiongkok, yang memiliki teknologi pengolahan air yang canggih.

Sementara Presiden World Water Forum Loic Fauchon memberikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia dalam mempersiapkan kegiatan selama dua tahun yang disebutnya sangat profesional. Ia melihat profesionalisme nyata dari seluruh penyelenggaraan World Water Forum ke-10.

Baca juga : BNPB Operasikan TMC di World Water Forum

“Terima kasih telah mempersiapkan forum ini dengan baik dan penuh keramahan. Sebagai pejuang air dunia, kita ingin menyerukan tindakan internasional untuk memastikan tata kelola air yang lebih aktif dan terdesentralisasi, memperkuat aturan mediasi sungai, danau, dan daerah aliran sungai,” ujarnya.

Usai pembukaan Fair and Expo, Puan Maharani, Loic Fauchon, Sandiaga Uno, Duta World Water Forum ke-10 Cinta Laura, dan beberapa delegasi melakukan kunjungan ke Paviliun Indonesia yang merupakan bagian dari ekspo. 

Paviliun Indonesia menampilkan produk-produk UMKM Indonesia, termasuk kain tradisional dan kopi Indonesia. (Z-1)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Paviliun Indonesia Pamer Kecanggihan Teknologi Pengolahan Air ke Peserta World Water Forum” pada 2024-05-21 07:23:45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *