• April 30, 2024 5:40 pm

Presiden Jokowi Dorong PPATK Tingkatkan Kemampuan Hadapi Pelaku Pencucian Uang

ByRedaksi PAKAR

Apr 17, 2024
Presiden Jokowi Dorong PPATK Tingkatkan Kemampuan Hadapi Pelaku Pencucian Uang

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Presiden Jokowi dorong PPATK tingkatkan kemampuan hadapi TPPU(Ilustrasi)

PRESIDEN Joko Widodo menekankan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) agar tidak kalah dengan pelaku tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang terus mengembangkan metode mereka. Dalam sebuah acara peringatan Gerakan Nasional Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/4) Presiden Jokowi menegaskan bahwa PPATK harus selalu unggul dan tidak boleh mengambil langkah yang salah.

Presiden juga menyampaikan bahwa pelaku TPPU saat ini telah beralih menggunakan mata uang kripto. Berdasarkan laporan Crypto Crime Report, ada indikasi pencucian uang sebesar USD 8,6 miliar atau setara dengan Rp139 triliun.

“Dengan jumlah yang sangat besar ini, kita tidak boleh meremehkan masalah ini,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden menekankan kepada PPATK untuk meningkatkan pemantauan terhadap aktivitas pasar lokal, penggunaan uang elektronik, dan aspek-aspek lain yang berpotensi dimanfaatkan oleh pelaku TPPU. Selain itu, ia juga mendorong agar PPATK memperkuat pengawasan terhadap dana yang diduga terkait dengan pendanaan terorisme.

“Kita harus tetap waspada terhadap ancaman pendanaan terorisme. Ini adalah hal yang harus terus kami pantau dan cegah bersama,” tambahnya. (Z-10)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Presiden Jokowi Dorong PPATK Tingkatkan Kemampuan Hadapi Pelaku Pencucian Uang” pada 2024-04-17 18:20:36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *