• March 29, 2024 10:34 pm

Ketahui Gejala Sakit Liver Baru Terasa Setelah Kerusakan Mencapai 80 Persen

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan organ liver atau hati, karena liver merupakan pusat metabolisme tubuh dan organ yang krusial. Tapi, seringkali orang menyepelekan kondisi Liver mereka dan merasa organ penting itu baik-baik saja. Mengapa demikian, karena gejalanya baru terasa setelah liver mengalami kerusakan hingga 80 persen, sehingga fungsinya menurun secara drastis dan perlu transplantasi hati jika terjadi gagal hati dan kerusakan secara permanen. Bisa dibayangkan bagaimana fatalnya jika kita terlambat menjaga dan mencegahnya.

Banyak orang tidak merasakan gejala pada tahap awal, namun ketika kondisi mulai parah Anda bisa mengenalinya melalui tanda-tanda seperti; mudah lelah, lesu, perut membengkak, mudah memar dan berdarah, kulit mengalami gatal, kadang-kadang kulit dan mata menguning. Jika beberapa tanda ini telah Anda kenali, segeralah menjumpai dokter untuk berkonsultasi, terlebih jika termasuk dalam golongan berisiko tinggi seperti memiliki riwayat hepatitis B, kecanduan alkohol, menderita diabetes tipe 2, atau obesitas.

Meski demikian, kita memiliki banyak kesempatan untuk merawat liver kita agar tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi zat aktif yang ada di dalam temulawak yaitu curcumin. “Curcumin adalah salah satu bahan aktif dalam temulawak, yang memiliki banyak manfaat yang sudah teruji klinis dan terbukti dalam sejumlah penelitian dan jurnal ilmiah, yang utama untuk liver, menurunkan kadar lemak darah, antiinflamasi, antikanker, dan kandungan antioksidan nya jauh lebih tinggi dibanding vit. C dan vit. E, selain itu, sebagian besar yang mengonsumsi rutin Curcumin, SGOT dan SGPT nya hasilnya baik, bahkan dalam beberapa kasus penyakit berat seperti kanker, Curcumin ini berperan besar dalam proses menekan perkembangan sel kanker dan menjaga kondisi tetap fit setelah kemoterapi, sehingga tingkat kesembuhan tinggi,” kata Drs. Bambang Rijanto, Apt., Quality Manager dari PT. Helmigs Prima Sejahtera Indonesia.

Selain itu curcumin juga bisa mencegah sembelit, sebagai anti-aging, membantu meringankan efek samping setelah kemoterapi, hepatitis, membantu mencegah badai sitokin termasuk mengatasi dan menyembuhkan gejala Covid-19, bahkan antidiabetes.

Manfaat curcumin sangat luar biasa, itulah mengapa zaman nenek moyang, hampir setiap gejala sakit diberi temulawak, alasannya di dalam temulawak itu ada kandungan paling berkhasiat. Sayangnya, kandungan aktif yakni curcumin tidak bisa diperoleh secara maksimal/optimal dengan cara tradisional. “Curcumin dari temulawak ini tidak bisa hanya diambil secara tradisional dengan cara direbus atau diparut. Hanya bisa melalui proses ekstraksi dengan teknologi khusus untuk mendapatkan curcumin yang ada di dalam temulawak. Jadi kalau kita hanya merebus, kadar curcuminnya kecil sekali karena sifat curcumin yang tidak larut air. Berbeda dengan kandungan Curcumin di dalam Helmig’s tablet yang sudah melalui proses  ekstraksi secara modern dan teknologi khusus, sehingga setiap tablet yang dikonsumsi sudah teruji dan terukur jumlah curcuminnya, sehingga bisa dikatakan kita salah satu di Indonesia yang memiliki produk herbal curcumin yang teruji, terukur dan terstandarisasi,” tambah Bambang.

Penyebab kerusakan hati

Pola hidup kurang sehat seperti kurang istirahat, merokok, mengonsumsi alkohol, terekspos polusi, makan makanan kurang sehat, sering mengonsumsi obat-obatan (hampir semua obat-obatan dimetabolisme di liver).

Memang benar, dalam melakukan fungsinya, sel liver ada yang mengalami kerusakan, tapi liver juga memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel-sel liver yang rusak. Curcumin inilah yang membantu mempercepat regenerasi sel liver. Di dalam tubuh manusia juga ada radikal-radikal bebas sebagai salah satu hasil metabolisme, yang mana radikal-radikal bebas ini bisa merusak sel-sel di dalam tubuh. Sehingga kita butuh antioksidan. Daya antioksidan dapat diuji dengan ORAC (Oxigen Radical Absorbance Capacity), semakin besar nilai ORAC nya semakin tinggi daya antioksidannya. Rata-rata manusia membutuhkan 3000-5000 ORAC dalam sehari, bisa lebih jika banyak terpapar radikal bebas (polusi udara dll. Helmigs Curcumin Tablet Forte mengandung ORAC sekitar 24.000 dalam setiap tablet nya. (OL-12)


Sumber: Media Indonesia | Ketahui Gejala Sakit Liver Baru Terasa Setelah Kerusakan Mencapai 80 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *