• March 28, 2024 8:31 pm

Anggota DPR ingatkan tiga hal untuk warga NTT

ByRedaksi PAKAR

Nov 14, 2021
Anggota DPR ingatkan tiga hal untuk warga NTT
Jakarta (ANTARA) – Anggota DPR RI Melchias Markus Mekeng mengingatkan tiga hal untuk warga Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni pinjaman online (Pinjol), radikalisme dan kepatuhan Protokol Kesehatan (Prokes).

Mekeng, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan hal itu menjadi fokus perhatiannya saat melakukan kunjungan kerja daerah pemilihan di Lembata, NTT, 8-13 November 2021.

Mekeng mengingatkan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat NTT agar tidak terjebak dan melakukan pinjol melalui gawai android. terutama pinjol yang masuk kategori illegal karena berpotensi membunuh karakter dan harga diri peminjam.

“Begitu merekam nomor kepada pinjaman online, maka seluruh data diri tercover,” kata Mekeng.

Baca juga: DPR cari formula terbaik terkait program pupuk bersubsidi

Menurut dia, jika terjadi kemacetan pengembalian, harga diri akan jadi taruhan. Nama peminjam diumumkan ke mana-mana. Istri, anak dan cucu pun ikut terseret karena disebar ke mana saja oleh lembaga peminjam.

“Kasihan anak anak kita, akan jadi bahan olok-olokan dan tertawa di sekolah karena tunggakan pinjaman kita. Bahkan sampai ke anak cucu karena suku bunganya sangat mencekik leher,” jelas anggota Komisi XI DPR itu.

Dia meminta masyarakat agar melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang resmi. Setiap melakukan pinjaman, pastikan lembaga yang ada telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Datanglah ke lembaga keuangan yang resmi. Jangan terjebak dalam modus penipuan pinjaman online yang ilegal, yang tidak diketahui dan tidak diawasi oleh OJK,” pesan Mekeng.

Wakil Ketua Umum Golkar itu juga meminta masyarakat agar tetap taat Prokes. Alasannya, wabah COVID-19 belum selesai, bahkan ada varian baru yang telah menyebar di beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Baca juga: Rachmat Gobel: Lawan pinjol ilegal dengan kuatkan PNM dan koperasi

Dia meminta masyarakat tetap menggunakan masker dalam setiap aktivitas di luar rumah. Selain itu, masyarakat tetap menjaga jarak, cuci tangan dan hindari berkumpul guna mencegah penyebaran Covid 19.

“Jangan sampai sekarang sudah mulai reda, orang sudah mulai pesta, seperti pesta nikah, sambut baru. Boleh datang ke pesta tetapi harus tetap pakai masker dan mengikuti aturan Prokes,” harap Mekeng.

Sementara terkait radikalisme, Mekeng menyebut paham tersebut bertentangan dengan ideologi Pancasila dan merusak tatanan hidup toleran yang ada di bangsa ini. Dia menyebut ada kelompok orang di negeri ini yang masih terus berusaha menggantikan ideologi Pancasila dengan paham radikalisme.

“Mereka sudah ada dalam negara kita yang ingin menghancurkan falsafah negara Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Kita semua wajib menjaga negara kita,” kata Mekeng.

Baca juga: Puan: Jerat Pinjol ilegal sampai ke akar-akarnya

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber: Antara News | Anggota DPR ingatkan tiga hal untuk warga NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *