• July 24, 2024 4:30 am

Kewaspadaan teror di Prancis di level tertinggi usai serangan Moskow

Kewaspadaan teror di Prancis di level tertinggi usai serangan Moskow

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Istanbul (ANTARA) – Prancis meningkatkan kewaspadaan terhadap terorisme hingga ke level tertinggi pada Minggu menyusul serangan teroris yang menewaskan sedikitnya 137 orang di sebuah aula konser Moskow.

“Menyusul serangan di Moskow, (pertemuan) Dewan Keamanan Nasional dan Pertahanan diselenggarakan malam ini di Istana Elysee oleh Presiden Republik (Emmanuel Macron),” kata Perdana Menteri Gabriel Attal dalam sebuah pernyataan di platform X.

Karena kelompok teroris Daesh/ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu “dan ancaman yang mengkhawatirkan negara kami, kami memutuskan untuk meningkatkan level Vigipirate ke tingkat tertinggi: serangan darurat,” katanya.

Vigipirate adalah nama sistem peringatan keamanan nasional Prancis.

Korban jiwa akibat peristiwa yang terjadi pada Jumat lalu itu bertambah menjadi 137, menurut otoritas penyelidikan federal Rusia.

Komite Investigasi Rusia menyatakan bahwa 137 jasad ditemukan di lokasi kejadian, tiga di antaranya adalah anak-anak.

“Penyelidikan di tempat kejadian terus berlanjut. Hingga saat ini, 62 jasad telah teridentifikasi. Untuk korban lainnya, tes genetika sedang dilakukan untuk mengetahui identitas mereka,” tulis pernyataan tersebut.

Baca juga: Putin nyatakan 24 Maret hari berkabung nasional di Rusia

Disebutkan pula bahwa lebih dari 500 butir peluru, 28 magasin, dan dua senjata serang Kalashnikov ditemukan di lokasi kejadian.

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan 180 orang mendapatkan perawatan di rumah sakit, 142 di antaranya harus dirawat inap.

Sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah penonton konser di Crocus City Hall di Krasnogorsk pada Jumat malam ketika kelompok musik rock Picnic hendak tampil. Insiden itu diikuti oleh kebakaran di gedung tersebut.

Presiden Vladimir Putin menjadikan 24 Maret sebagai hari berkabung nasional dengan pengibaran bendera setengah tiang.

Pihak berwenang Rusia telah menangkap 11 orang terkait serangan itu, termasuk empat orang yang terlibat langsung, menurut Badan Keamanan Federal.

Sumber: Anadolu

Baca juga: AS yakin ISIS bertanggung jawab atas serangan di Moskow

Baca juga: Rusia tuding warga asing terlibat dalam serangan dekat Moskow

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kewaspadaan teror di Prancis di level tertinggi usai serangan Moskow” pada 2024-03-25 14:34:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *