• July 16, 2024 4:05 am

7 Rekomendasi Game PC Ringan Terbaik Lancar Dimainkan di PC Low End

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Ilustrasi game PC ringan(Freepik/DC Studio)

Ada banyak game PC ringan yang mungkin belum kamu tahu. Mulai dari game bertahan hidup, game simulasi, game petualangan, Role Playing Game, game perang, game balapan, dan masih banyak lagi.

PC game atau permainan PC sendiri merupakan permainan video yang dirancang dan dikembangkan untuk dimainkan di komputer pribadi (personal computer). Jenis game ini biasanya dirancang dengan tampilan grafis yang memiliki resolusi tinggi, efek visual canggih, detail yang cukup halus, hingga dukungan efek suara yang realistis.

Tak jarang para pemain game PC juga dapat menggunakan berbagai macam kontrol, termasuk keyboard dan mouse, gamepad, joystick, atau bahkan perangkat khusus seperti roda kemudi untuk game balap.

Baca juga : KPU Padang Panjang Gelar Simulasi Pemilu 2024

Banyak game PC modern yang dikembangkan mengikuti kemajuan teknologi baru dan kemajuan dalam industri game, agar dapat selaras dengan spesifikasi perangkat yang lebih canggih.

Sayangnya tak semua penggemar game PC memiliki perangkat dengan spesifikasi tinggi, sehingga tidak dapat digunakan untuk menjalankan game-game terbaru yang ada sekarang, seperti Street Fighter 6, Dead Island 2, Forza Horizon 5, Far Cry 6, dan lainnya.

Sebagian penggemar game ini mungkin akan lebih nyaman dengan game PC ringan.

Baca juga : Warga Lembang Ikuti Pelatihan Mencoblos

Permainan jenis ini memang dirancang untuk dapat berjalan dengan lancar pada komputer yang relatif rendah, dengan kinerja dan ruang penyimpanan terbatas. 

Game PC ringan rata-rata memiliki ukuran file yang kecil dan grafis yang lebih sederhana, sehingga masih sangat cocok untuk dimainkan di perangkat yang memiliki “spek kentang” atau low end.

Rekomendasi Game PC Ringan

1. Minecraft

 

Minecraft termasuk game sandbox atau bertahan hidup, dan merupakan salah satu contoh dari game PC ringan yang populer.

Baca juga : KPU Cianjur Libatkan KPPS pada Simulasi Tungsura Pemilu 2024

Meskipun terkenal karena fleksibilitasnya yang luar biasa dan berbagai modifikasi yang tersedia, Minecraft pada dasarnya adalah game dengan grafis yang sederhana dan mudah dipahami.

Game yang rilis pada 2009 ini menggunakan gaya grafis voxel 3D yang sederhana, dengan blok-blok yang terdiri dari poligon. Hal ini memungkinkan Minecraft dapat berjalan lancar pada berbagai macam perangkat, termasuk PC low end dengan spesifikasi yang rendah.

Minecraft dapat mengasah kreativitas, karena memungkinkan kamu membangun apa saja, termasuk menjelajahi dunia, bertarung dengan monster, dan banyak lagi.

Baca juga : KPU Banyumas Gelar Simulasi di TPS Rawan Bencana

Game sandbox ini memiliki komunitas yang besar dan aktif dalam membuat konten baru, mods, dan peta untuk dimainkan, sehingga memungkinkan kamu mengakses berbagai konten baru dan bisa berinteraksi dengan pemain lain di seluruh dunia.

Untuk dapat membangun rumah sederhana ataupun kastil di Minecraft, kamu membutuhkan spesifikasi minimum processor Intel Core i3-3210 atau AMD Athlon II X4 640, RAM 4 GB, VGA Intel HD 4000 atau AMD Radeon HD 6670, dan ruang penyimpanan 1 GB.

2. Stardew Valley

Game PC ringan ini merupakan permainan simulasi yang hampir mirip dengan permainan Harvest Moon dan dapat dimainkan meskipun di komputer berspesifikasi rendah.

Baca juga : 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Ampuh, Ternyata Mudah!

Stardew Valley menggunakan gaya grafis pixel art yang sederhana dan menggemaskan, serta dirancang dengan tema perkebunan, sehingga kamu bisa bercocok tanam, berkebun, mengurus hewan ternak, mencari hasil tambang, hingga berinteraksi dengan penduduk desa.

Untuk dapat memainkan game simulasi pertanian ini, kamu memerlukan prosesor komputer di atas Windows Vista.

Adapun spesifikasi minimum agar Stardew Valley dapat dijalankan dengan lancar yaitu memiliki processor Intel Core i3-3210 atau AMD Athlon II X4 640, RAM 4 GB, VGA Intel HD 4000 atau AMD Radeon HD 6670, dan ruang penyimpanan 500 MB.

Baca juga : Surat Suara Simulasi Pilpres Hanya Gambar 2 Paslon, Benarkah Human Error?

3. Terraria

Terraria adalah game PC ringan dengan tampilan 2D serta berjenis sandbox dengan elemen petualangan dan bertahan hidup. Dikembangkan oleh Re-Logic, game ini pertama kali dirilis pada tahun 2011.

Game ini menampilkan gaya grafis pixel art warna-warni yang khas, namun sederhana dan memberikan pesona retro yang menarik.

Game Terraria memungkinkan kamu menjelajahi area yang dihasilkan secara acak, membangun rumah, mengeksplorasi gua-gua bawah tanah, hingga mencari harta karun.

Baca juga : Kunci Jawaban Tebak Kata Shopee Level 1-1600

Kamu juga akan hingga menghadapi berbagai rintangan seperti melawan monster, bos, dan bahaya alam lainnya untuk mendapatkan poin. Kamu dapat mengumpulkan senjata, peralatan, dan bahan untuk meningkatkan kemampuan bertarung.

Untuk dapat membangun game sandbox sederhana ini, kamu membutuhkan spesifikasi minimum processor Intel Pentium 4 2.0 GHz atau AMD Athlon XP 2400+, RAM 2,5 GB, dan ruang penyimpanan 250 MB.

4. Call of Duty: Modern Warfare 2

Permainan video terbitan Activision ini bergenre first-person shooter (FPS) dan dirilis pada 2009.

Baca juga : Mengenal 8 Urutan Rank Mobile Legend: Bang Bang Terbaru

Game Call of Duty: Modern Warfare 2 disebut-sebut sebagai seri terbaik, dari keseluruhan sequel Call of Duty yang pernah dirilis.

Game multiplayer ini sangat cocok untuk pecinta permainan tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Dalam game PC ringan ini, pemain bertindak sebagai prajurit yang mengikuti serangkaian operasi rahasia bersama pasukan khusus dan unit militer internasional untuk menghentikan ancaman teroris yang berkembang.

Untuk dapat berperang di dalam game Game Call of Duty: Modern Warfare 2, kamu membutuhkan spesifikasi minimum berupa processor Intel Pentium 4 3.2 GHz atau AMD Athlon 64 3200+, dan RAM 1 GB.

Baca juga : Build Zilong Tersakit Gak Ada Obat Ala Top Global 2024

5. Disco Elysium

Disco Elysium adalah permainan peran (RPG) yang dapat dijalankan di PC low end.

Game yang dikembangkan oleh ZA/UM ini menonjolkan pendekatan naratif yang mendalam dan kompleks.

Dalam game PC ringan yang rilis tahun 2019 ini, pemain dapat dengan bebas mengembangkan karakter mereka sesuai dengan gaya bermain mereka sendiri. Misalnya menjadi jahat ataupun detektif.

Baca juga : Paw Rumble Bawa Pulang Penghargaan ‘Best Made in Indonesia’ di Ajang Google Play Best of 2023 Awards

Apapun peran yang kamu mainkan, kamu membutuhkan fokus yang kuat untuk membaca setiap dialog, narasi, dan karakter demi mengungkap kasus misteri. 

Untuk dapat memainkan game Disco Elysium di PC, kamu membutuhkan spesifikasi perangkat minimum berupa processor Intel Core 2 Duo, RAM 2 GB, dan VGA Intel HD 620 atau yang sepadan.

6. Need for Speed: Hot Pursuit

Need for Speed adalah sebuah seri permainan video balap yang dikembangkan oleh Electronic Arts (EA) sejak tahun 1994.

Baca juga : RS MH Thamrin Cileungsi-De Heus Gelar Simulasi Penanganan Kecelakaan Kerja

Game ini menampilkan berbagai judul yang menawarkan berbagai jenis pengalaman balap, mulai dari balap jalanan ilegal hingga balap resmi di lintasan.

Seri yang paling cocok disebut sebagai game PC ringan adalah Need for Speed: Hot Pursuit. Meski tidak dapat melakukan kustomisasi mobil, permainan ini tetap mengasyikkan dan ikonik.

Mobil-mobil dalam game ini direplikasi dengan detail yang luar biasa dan efek suara yang realistis.

Baca juga : Gratis! 10 Rekomendasi Game Teka Teki Bahasa Indonesia Paling Menantang

Untuk dapat memainkan game ini, kamu membutuhkan spesifikasi minimum berupa processor Intel Core® 2 Duo 2.0 GHZ atau AMD Athlon X2 64 2.4GHZ dan RAM 1 GB.

7. SimCity 4

SimCity 4 adalah game simulasi kota yang dikembangkan oleh Maxis dan dirilis pada tahun 2003.

Seri permainan ini masih dianggap sebagai game PC yang relatif ringan oleh standar modern, dan dapat dijalankan dengan lancar pada PC dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Baca juga : Cyberpunk 2077 Ultimate Edition Akhirnya Tersedia

Dalam SimCity 4, pemain dapat membangun dan mengelola kota mereka sendiri, termasuk melakukan perencanaan perkotaan, alokasi anggaran, manajemen infrastruktur, dan interaksi dengan penduduk kota.

Untuk dapat memainkan SimCity 4, kamu membutuhkan spesifikasi minimum berupa processor Pentium III atau Athlon, RAM 256 MB, VGA dengan dukungan DirectX 7, dan ruang penyimpanan 1,6 GB.

Itulah beberapa rekomendasi game PC ringan yang dapat kamu mainkan di komputer dengan spesifikasi rendah.

Baca juga : Kemeriahan Honda FESTIPARK Berlanjut di Surabaya

Meskipun tidak memiliki grafis atau fitur yang canggih seperti game AAA modern, game-game ini tetap menyenangkan untuk dimainkan dan dapat memberikan pengalaman bermain yang memuaskan bagi pemain dengan PC yang lebih tua atau dengan anggaran terbatas.

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “7 Rekomendasi Game PC Ringan Terbaik Lancar Dimainkan di PC Low End” pada 2024-02-16 10:49:59

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *