• July 24, 2024 3:26 am

Prabowo-Gibran unggul di TPS khusus Nusakambangan

Prabowo-Gibran unggul di TPS khusus Nusakambangan

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Purwokerto (ANTARA) – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Nusakambangan-Cilacap dan Wismasari.

“Berdasarkan hasil penghitungan suara pilpres dalam Pemilu Serentak 2024 di seluruh TPS UPT Nusakambangan-Cilacap dan Wismasari, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 1.657 suara,” kata Koordinator Wilayah Pemasyarakatan Se-Nusakambangan dan Cilacap Mardi Santoso melalui WhatsApp yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis sore.

Sementara untuk pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md, kata dia, mendapatkan 465 suara dan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 217 suara.

Menurut dia, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di seluruh TPS lokasi khusus UPT Pemasyarakatan Nusakambangan-Cilacap dan Wismasari berjalan lancar serta diikuti warga binaan pemasyarakatan (napi) dengan antusias dan semangat.

Dalam hal ini, di Pulau Nusakambangan terdapat 13 TPS lokasi khusus yang tersebar di sejumlah lapas dan Wismasari, sedangkan di Lapas Cilacap terdapat dua TPS lokasi khusus.

“Bahkan ada 38 orang napiter (napi kasus terorisme) yang ikut mencoblos,” kata Mardi.

Saat dihubungi dari Purwokerto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap Weweng Maretno mengatakan secara umum pelaksanaan pemungutan suara di Cilacap berjalan sukses tanpa ada kendala-kendala yang berarti.

“Kalau masalah-masalah ringan sih biasa dan bisa ditanggulangi, sebagai contoh kekurangan surat suara di dalam satu TPS bisa langsung ditanggulangi dengan pergeseran dari TPS sekitar,” jelasnya.

Dia mencontohkan kekurangan surat suara di salah satu TPS lokasi khusus Nusakambangan yang penyediaannya berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) namun ternyata pemilih tambahannya luar biasa, sehingga dilakukan pergeseran surat suara dari TPS sekitar.

Ia mengakui berdasarkan laporan, pelaksanaan pemungutan suara di Nusakambangan berjalan lancar namun dalam pengerjaan aplikasi Sirekap ada sedikit kendala.

“Tapi saya yakin seluruh proses manual itu semuanya sudah clear,” katanya.

Disinggung mengenai perolehan suara sementara untuk pilpres di Cilacap, Weweng mengatakan berdasarkan data sementara yang masuk melalui aplikasi Sirekap, pasangan Prabowo-Gibran masih memimpin perolehan suara.

Dalam hal ini, berdasarkan data sementara hingga hari Kamis (15/2), pukul 18.00 WIB, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 147.734 suara atau 54,19 persen, disusul pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 87.493 suara atau 32,09 persen, dan pasangan Anies-Muhaimin sebanyak 37.396 suara atau 13,72 persen.

Data tersebut berasal dari 1.211 TPS atau 20,31 persen dari total tempat pemungutan suara di Cilacap yang sebanyak 5.964 TPS.

Baca juga: Pemkab Bekasi melarang sampah APK pemilu masuk TPA Burangkeng

Baca juga: KPU: Ada 2.325 tps alami salah konversi Formulir C. Hasil Pemilu 2024

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Prabowo-Gibran unggul di TPS khusus Nusakambangan” pada 2024-02-15 18:44:50

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *