• April 29, 2024 4:44 pm
Debat ketiga Pilpres 2024 ini akan bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk 11 pakar untuk menjadi panelis pada debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar Minggu (7/1).

Debat ketiga Pilpres 2024 ini akan bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Para panelis debat ini akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan seputar tema debat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Debat yang akan mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan digelar di Istora Senayan, Jakarta. Debat juga akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi yang tergabung dalam MNC Group.

Berikut daftar 11 panelis debat ketiga Pilpres 2024: 

Evi Fitriani

Evi berstatus sebagai Guru Besar Hubungan Internasional FISIP UI. Gelar tersebut menjadikannya sebagai Guru Besar Perempuan Pertama dalam Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia. Tidak hanya itu, ia pun pernah menjabat sebagai ketua Departemen HI FISIP UI (2012-2016).

Evi menyelesaikan program Sarjana di Departemen HI FISIP UI pada 1993. Kemudian menyelesaikan program magister pertama di Leeds University, United Kingdom pada 1994 dan program magister kedua di Ohio University, USA, pada 1995. Ia mendapatkan gelar doktoralnya di Australian National University (ANU) pada 2011.

Hikmahanto Juwana

Hikmahanto dikenal sebagai akademisi dan Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia. Ia mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum UI.

Kemudian mendapatkan gelar Magister Hukum Internasional dari Fakultas Hukum Universitas Keio, dan Doktor dari Fakultas Hukum Universitas Nottingham.

Hikmahanto diangkat sebagai Guru Besar di usianya yang kala itu masih berusia 36 tahun. Pada 2004 sempat menjadi dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Kini, Hikmahanto menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, sejak 17 April 2020.

Angel Damayanti

Angel merupakan Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Kristen Indonesia (UKI) sekaligus Dosen Hubungan Internasional Fisipol UKI.

Angel lulus program sarjana di UKI. Kemudian ia melanjutkan S2 di Universitas Indonesia, Strategic Studies/International Studies dan Counter Terrorism di S Rajaratnam School of International Studies.

Gelar doktoralnya ia dapatkan di National University of Singapore pada 2013.

Angel juga tercatat sebagai dosen di Program Doktoral Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK/PTIK) dan Peneliti Senior di Center for Security and Foreign Affairs (CESFAS) UKI.

Irene Hiraswari Gayatri

Irene Gayatri merupakan peneliti senior di Pusat Riset Politik Indonesia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Irene mendapatkan gelar doktoralnya dari Monash University’s Gender, Peace and Security (GPS) Centre, School of Social Sciences, Faculty of Arts pada 15 November 2023. Sementara gelar magister didapatkannya dari Departemen Penelitian Perdamaian dan Konflik Universitas Uppsala di Swedia.

Irene sempat bekerja di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2017 hingga 2018 untuk mengembangkan Rencana Aksi Nasional dalam Menanggulangi/Mencegah Ekstremisme Kekerasan yang Menyebabkan Terorisme (P/CVE NAP), yang dirilis pada Januari 2021 lalu.

Kusnanto Anggoro

Kusnanto merupakan pakar keamanan dan pertahanan dari Universitas Pertahanan (Unhan). Kusnanto juga tercatat mengajar di Universitas Indonesia, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Selain kesibukannya mengajar, ia juga merupakan pengamat militer dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Laksamana TNI (Purn) Marsetio

Marsetio merupakan mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Ia kini tercatat sebagai Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan.

Ketika masih aktif di TNI, Marsetio menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1981. Ia juga pernah mengajar di Naval War College USA, di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, di Sesko TNI, dan Lemhannas.

Philips J Vermonte

Philips merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Ia juga aktif menjabat sebagai Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Indonesia hingga Ketua Asosiasi Jajak Pendapat Indonesia (Persepi).

Philips memperoleh gelar PhD Ilmu Politik dari Northern Illinois University, Amerika Serikat. Ia menyelesaikan gelar master dalam Studi Internasional di University of Adelaide, Australia.

Curie Maharani Savitri

Curie Savitri merupakan dosen di Program Studi Konflik dan Keamanan di Universitas Binus. Curie mendapatkan gelar doktoralnya dari Universitas Cranfield pada 2016.

Sebelum bergabung dengan Binus, Curie telah aktif bekerja pada isu-isu manajemen pertahanan dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

R Widya Setiabudi Sumadinata

Widya merupakan Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran (Unpad). Selama ini Widya memiliki fokus pada studi keamanan dan pertahanan, hubungan sipil-militer, penyelesaian konflik, manajemen konflik, studi Perdamaian, kontra-terorisme, studi ASEAN, studi Tiongkok, serta demokrasi dan HAM.

Ia menamatkan sarjananya di jurusan Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran.

Lalu, mendapatkan gelar master dari program Magister Manajemen dan Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung dan program Magister Pertahanan Strategis, Universitas Pertahanan Indonesia (2010-2011).

Kemudian gelar doktornya didapatkan dari program Ilmu Pemerintahan, Universitas Padjadjaran (2007-2012).

I Made Andi Arsana

Andi Arsana merupakan dosen dan peneliti di Departemen Geodesi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia merupakan pakar di bidang Geospasial Hukum Laut.

Ia memperoleh gelar doktoral Hukum Laut Internasional dari Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS), University of Wollongong (2008-2014).

Sementara gelar magisternya ia dapatkan dari University of New South Wales, Australia dengan fokus pada penentuan batas maritim antara Indonesia dan Timor Leste.

Andi tercatat pernah terlibat dalam revisi edisi ke-5 Manual Aspek Teknis Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (TALOS) yang diterbitkan Biro Hidrografi Internasional, Monaco.

Ian Montratama

Ian berstatus sebagai dosen program studi Hubungan Internasional, Universitas Pertamina.

Ian menyelesaikan program studi sarjana pada Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1999. Kemudian ia mengambil pendidikan magister di European Business (ME.B.), EDHEC Lille, Prancis pada 2000-2001.

Pada 2017, Ian menuntaskan program doktor dalam jurusan Hubungan Internasional, Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

(sym/isn)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Daftar 11 Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024 Malam Ini” pada 2024-01-07 14:00:01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *