• April 20, 2024 7:29 am

Ribuan Personel Polisi Jaga 1.807 Gereja di Jabodetabek Saat Natal

Polda Metro Jaya bersama mengerahkan ribuan personel untuk pengamanan 1.807 gereja yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Polda Metro Jaya bersama stakeholder terkait siap mengamankan perayaan Hari Raya Natal 2023 dengan mengerahkan ribuan personel untuk pengamanan 1.807 gereja yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

“Jumlah gereja di Jakarta dan sekitarnya yang kita beri pengamanan sebanyak 1.807 gereja,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Sabtu (23/12).

Trunoyudo menjelaskan ribuan gereja itu terdiri dari 138 gereja di Jakarta Pusat, 287 gereja di Jakata Utara, 204 gereja di Jakarta Barat, 126 gereja di Jakarta Selatan, dan 171 gereja di Jakarta Timur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, pengamanan dilakukan di 213 gereja di Kota Tangerang, 277 gereja di Kota Bekasi, 144 gereja di Kabupaten Bekasi, 165 gereja di Depok, 81 gereja di Tangerang Selatan, dan 1 gereja di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Nantinya, ribuan gereja tersebut akan dijaga oleh 4.041 personel kepolisian yang disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023, mengutip Detik.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya juga sudah meminta jajaran memaksimalkan pengamanan perayaan Natal 2023. Ia juga menginstruksikan jajaran melakukan sterilisasi tempat ibadah.

Hal itu ia sampaikan dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolri Komjen Agus Andrianto saat apel gelar pasukan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan, dan pejabat lain turut hadir dalam apel itu.

“Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat,” kata Agus membacakan amanat Kapolri di Monas.

Sigit meminta jajarannya menjaga tempat ibadah hingga pusat keramaian. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pada pengamanan pelayanan malam tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap kegiatan keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar,” ujar dia.

Selain itu, Kapolri meminta jajaran mengantisipasi aksi terorisme saat Nataru. Ia menegaskan patroli kewilayahan hingga pengamanan tempat-tempat wisata juga harus dimaksimalkan untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

“Ancaman terorisme, juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini, preventive fight untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya. Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi,” ujar dia.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Ribuan Personel Polisi Jaga 1.807 Gereja di Jabodetabek Saat Natal” pada 2023-12-24 02:02:10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *