• August 13, 2022 11:25 pm

Jokowi Lantik Andika Perkasa Pekan Depan, Masih Cari Hari Baik

Presiden Jokowi mengaku tengah mencari hari baik untuk melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.
Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo mengatakan akan melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pekan depan. Akan tetapi, ia belum memastikan tanggal pelantikan Andika.

Jokowi beralasan masih mencari hari baik. Ia terkenal dengan kebiasaan melakukan kebijakan strategis pada hari baik sesuai penanggalan Jawa.

“Minggu depan, harinya baru dicari hari baik. Minggu depan insyaallah,” kata Jokowi di Jakarta, dikutip dari rekaman yang diterima, Kamis (11/11).

Dia juga sempat ditanya soal rencana kocok ulang atau reshuffle kabinet. Jokowi mengaku belum memikirkan rencana perombakan menteri dalam waktu dekat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun belum menentukan pilihan soal juru bicara pengganti Fadjroel Rachman. Ia berkata akan berbicara ke publik tanpa perantara.

“Belum, diri sendiri saja,” tutur Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima baru TNI. Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada bulan ini.

Jokowi telah mengirim nama Andika ke DPR untuk meminta persetujuan. DPR pun telah bulat menyetujui Andika sebagai pemimpin baru TNI.

Andika bakal menjadi Panglima TNI hingga akhir 2022 karena akan memasuki pensiun.

Andika merupakan lulusan akademi militer (Akmil) 1987. Dia seangkatan dengan Letjen TNI Muhammad Herindra yang kini menjadi Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) mendampingi Prabowo Subianto.

Sebagai perwira tinggi TNI AD, karir pria kelahiran Bandung 21 Desember 1964 itu memiliki karir cemerlang. Bahkan pernah terlibat dalam penangkapan teroris.

Seorang pengamat militer Made Supriatma menyebut, Andika pernah memberi catatan gemilang saat menangkap Omar Al-Faruq, terduga teroris pimpinan Al-Qaeda pada 2002. Namun, keterlibatan Andika dalam penangkapan Omar juga digarisbawahi Made, lantaran pada saat bersamaan posisi Kepala BIN dijabat mertuanya, Hendropriyono.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Jokowi Lantik Andika Perkasa Pekan Depan, Masih Cari Hari Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.