• April 20, 2024 7:23 am

Densus Tangkap 3 Teroris Jaringan NII di Tangerang

Polri menyebut Farid Okbah berpesan sebagai salah satu tim sepuh atau Dewan Syuro di organisasi Jamaah Islamiyah (JI).

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII) di wilayah Tangerang, Banten.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan penangkapan dilakukan tim penyidik pada Sabtu (16/12) kemarin. Ia menyebut ketiga tersangka itu berinisial A alias AL, H, dan SU alias S.

“Ini adalah kelompok NII Tangerang Raya. Mereka ini ada saudara A alias AL, H, dan saudara SU alias S,” ujarnya dalam konferensi pers Rilis Akhir Tahun di Bareskrim Polri, Rabu (20/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan perannya, Aswin menyebut sosok tersangka A dan H merupakan petinggi NII di tingkat Provinsi, khususnya Banten. Sementara untuk tersangka S, kata dia, merupakan anggota struktur di tingkat Nasional.

Melalui penangkapan ketiga tersangka itu, Aswin mengatakan saat ini kepolisian tengah melakukan pemetaan jaringan kelompok NII yang ada di Indonesia.

Pasalnya Aswin menyebut jaringan NII tersebut telah dimasukkan dalam kategori Daftar Teroris dan Organisasi Teroris (DTOT) oleh Pengadilan.

“Jadi sekarang kita sedang mendudukkan struktur NII itu seperti apa, bersamaan juga dengan penetapan DTOT yang ditetapkan,” tuturnya.

“Kita akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap mereka mereka yabg punya tujuan untuk mengganti ideologi atau melawan pemerintahan yang sah,” imbuhnya.

(tfq/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Densus Tangkap 3 Teroris Jaringan NII di Tangerang” pada 2023-12-20 18:29:41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *