• July 24, 2024 4:40 am
Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Marthinus Hukom di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Marthinus Hukom di Istana Negara, Jakarta hari ini.

Pelantikan Marthinus akan digelar bersamaan dengan pelantikan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Ridwan Mansyur. Jokowi akan mengambil sumpah dua pejabat baru itu.

“Hari ini, pukul 10.45 WIB, dijadwalkan pengucapan sumpah di hadapan Presiden, Dr Ridwan Mansyur sebagai Hakim MKRI, dan pelantikan Irjen Pol Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Jumat (8/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Marthinus Hukom akan menggantikan Komjen Petrus Golose. Petrus telah memimpin BNN sejak 23 Desember 2020 dan akan segera pensiun.

Sebelum menjabat Kepala BNN, Marthinus Hukom adalah Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Ia telah menduduki jabatan itu sejak 1 Mei 2020.

Marthinus adalah pria kelahiran 30 Januari 1969. Dia lulus dari Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri Angkatan pada 1991.

Selama berkarier di Polri, Marthinus sering bergabung dengan satuan intelijen. Misalnya, saat menjadi Kepala Tim Antiteror Bom Polda Metro Jaya pada 2001.

Ia juga menjadi Analis Intelijen di Satuan Tugas Antiteror Polri saat Densus 88 didirikan. Kemudian, ia dua kali ditunjuk sebagai Wakil Kepala Densus 88 pada 2015 dan 2018.

Marthinus juga pernah berkarier di BNN. Dia menjadi Kelompok Ahli BNN RI Bidang Intelijen pada 2010 hingga 2012.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Jokowi Lantik Kepala BNN Marthinus Hukom Hari Ini” pada 2023-12-08 09:14:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *