• April 20, 2024 6:51 am

Dirjen Bimas Islam: MDK tingkatkan pemahaman warga tentang agama

Dirjen Bimas Islam: MDK tingkatkan pemahaman warga tentang agama

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Palu (ANTARA) – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemeang), Kamaruddin Amin menyatakan bahwa para dai yang tergabung dalam organisasi majelis dakwah kebangsaan (MDK) harus berperan optimal dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang agama.

“Para dai yang tergabung dalam MDK adalah salah satu corong dalam menerjemahkan agama kepada masyarakat agar mengetahui dan memahami bahwa agama sangat penting dalam kehidupan keberagamaan di tengah keragaman,” ucap Kamaruddin Amin dalam sambutannya pada pengukuhan pengurus MDK Provinsi Sulawesi Tengah masa bakti 2023 – 2026, di Kota Palu, Jumat.

Baca juga: Kemenag luncurkan Ustadzkita permudah layanan keagamaan masyarakat

Kamaruddin Amin mengukuhkan sejumlah dai yang tergabung dalam pengurus MDK Provinsi Sulawesi Tengah. Para dai yang dikukuhkan direkrut oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepada para dai yang dikukuhkan, Kamaruddin Amin mengemukakan bahwa peran agama dalam kehidupan kemasyarakatan dalam bingkai berbangsa dan bernegara, harus dioptimalkan.

“Kita ingin menjadi agama sebagai sarana yang berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ucapnya.

Ia mengatakan agama tidak hanya menyangkut tentang kehidupan akhirat, namun juga moralitas dan integritas. Agama juga menjadi kebutuhan dan berkontribusi langsung pada semua aspek hidupan yang dijalani oleh masyarakat dalam kehidupan sosial keagamaan, serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Majelis Dai Kebangsaan susun peta jalan dakwah

Baca juga: BNPT: Dai Kebangsaan dan Ustadzkita perkuat persatuan RI lewat agama

Kamaruddin mengajak para dai di daerah itu untuk terus menjadikan agama semakin berkualitas. “Di antara mutu tersebut adalah berkaitan dengan kontribusinya dalam pembangunan, dalam kehidupan sehari-hari dan dalam meningkatkan kualitas kehidupan keberagamaan dalam keragaman dan bingkai berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

“Ini harus menjadi visi MDK,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa setiap umat beragama berkeinginan untuk hidup berkualitas dari berbagai aspek. Oleh karena itu, para tokoh agama, para dai, dan ASN Kementerian Agama, harus mengimplementasikan agama seefektif mungkin dalam kehidupan.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Dirjen Bimas Islam: MDK tingkatkan pemahaman warga tentang agama” pada 2023-11-24 15:50:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *