• April 20, 2024 7:24 am

Densus Sebut 2 Teroris di Riau Rencanakan Teror saat Natal-Tahun Baru

Densus 88 Polri menyatakan tersangka kasus pencurian sepeda motor di Bekasi merupakan mantan narapidana teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebut dua tersangka teroris di Riau, berencana melakukan aksi teror atau amaliyah saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan kedua teroris tersebut berinisial M dan S yang terlibat jaringan Anshor Daulah (AD).

Ia menjelaskan saat ini M telah ditangkap penyidik Densus 88 di wilayah Riau, pada Selasa (21/11) kemarin. Sementara untuk S statusnya masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tersangka M melakukan propaganda di media sosial untuk membuat chaos pemilu 2024 dan bersama saudara S untuk membuat rencana amaliyah natal dan tahun baru,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11).

Lebih lanjut, Aswin menyebut terdapat tiga tersangka teroris lainnya yang juga ditangkap di wilayah Riau bersama dengan M. Rinciannya yakni MK dan MI yang terlibat dalam jaringan RQ Jabal Noer dan D dari jaringan AD.

Berdasarkan perannya, Aswin menyebut MK dan MI tergabung di bawah pimpinan kelompok RP sejak 2014 silam. Mereka juga merupakan buronan kasus perencanaan penyerangan Polres Dumai.

“Di mana bulan September 2022 akan melakukan amaliyah di Polres Dumai. Keduanya merupakan DPO dari kasus tersebut,” jelasnya.

Sementara untuk tersangka D merupakan simpatisan kelompok teror AD. Sosok D juga ikut dalam perencanaan penyerangan Polres Dumai bersama MI dan MK.

“Adapun rencana tindak lanjut melakukan pengamanan, interogasi, dan penggeledahan terhadap tersangka,” katanya.

(bmw)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Densus Sebut 2 Teroris di Riau Rencanakan Teror saat Natal-Tahun Baru” pada 2023-11-22 21:51:30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *