• April 28, 2024 12:34 am

UI raih empat penghargaan pada anugerah Humas Indonesia 2023

UI raih empat penghargaan pada anugerah Humas Indonesia 2023

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Depok (ANTARA) – Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia (UI) meraih empat penghargaan pada ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2023.

Empat penghargaan tersebut dalam subkategori, yaitu E-Magazine dan Website (gold winner), Laporan Pelayanan Informasi Pubik (silver winner), Ruang Pelayanan Informasi Publik (bronze winner).

Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra. Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Senin, mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerja sama dan sinergi Biro Humas dan KIP UI bersama unit kerja di lingkungan kampus dan fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi dalam memberikan akses pelayanan terbaik bagi warga UI dan masyarakat umum.

Baca juga: Majalah Media Kita BNPT raih penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2023

Berbagai platform yang UI sediakan untuk mendukung akses informasi bagi pemangku kepentingan UI, baik melalui tatap muka, media cetak, termasuk kanal digital bertujuan agar UI sebagai Badan Publik memenuhi ketentuan dalam Undang Undang (UU) KIP Nomor 14 tahun 2008.

“Semoga UI dapat terus memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Pada ajang yang berlangsung kelima kalinya ini, Biro Humas dan KIP UI secara rutin, selama tiga tahun berturut-turut masuk sebagai salah satu pemenang di berbagai subkategori.

AHI 2023 merupakan ajang kompetisi kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi bagi lembaga publik (government public relations/GPR) pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, korporasi milik negara/daerah, dan badan layanan umum (BLU) se-Indonesia.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, AHI mengusung tema besar “Keterbukaan Informasi untuk Keberlanjutan Badan Publik yang Bereputasi”.

Penjurian AHI 2023 berlangsung dalam dua tahap, penyisihan (berkas) dan babak presentasi yang diselenggarakan secara hybrid selama dua hari pada 17 – 18 Oktober 2023.

Founder dan CEO HUMAS Indonesia Asmono Wikan mengatakan sudah saatnya keterbukaan informasi publik dilakukan dengan sebaiknya oleh badan publik.

Baca juga: Ukir prestasi lagi, UI terpopuler di medsos 2023 versi Edutech RevoU

Baca juga: Humas dan Iluni UI raih penghargaan “The 7th PR Indonesia Award 2022”

Badan publik harus menjadikan komunikasi sebagai ruh KIP, baik dalam menyusun strategi komunikasi, membangun narasi pesan, maupun pengukurannya.

Oleh karena itu, ajang kompetisi AHI 2023 diadakan sebagai bentuk apresiasi bagi badan publik yang dinilai mampu mengomunikasikan KIP secara baik.

“Melalui ajang ini, diharapkan dapat mendorong terciptanya praktisi humas pemerintah yang strategis dan turut berkontribusi membangun reputasi badan publik,” kata Asmono yang juga anggota Dewan Pers 2022-2025.

Pemenang AHI diumumkan Jumat (3/11) di Quest Hotel Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “UI raih empat penghargaan pada anugerah Humas Indonesia 2023” pada 2023-11-06 16:45:21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *