• June 26, 2024 5:25 am

Satgas Pengawasan dan Monitoring BBM Kunjungi Polda Sumatera Selatan dan Pantau 4 SPBU

Satgas Pengawasan dan Monitoring BBM Kunjungi Polda Sumatera Selatan dan Pantau 4 SPBU

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Palembang (ANTARA) – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam melakukan pengawasan dan monitoring Bahan Bakar Minyak (BBM), untuk memastikan subsidi BBM tepat sasaran. Hal ini tercermin saat Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan dan Monitoring BBM Tahun 2023 yang terdiri dari BPH Migas, PT Pertamina Patra Niaga Region II Sumbagsel mengunjungi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang, Kamis (7/9/23).

Ditemui di Mapolda Sumsel, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Penegakkan Hukum Sektor Hilir Migas dan Penanganan Radikalisme selaku Ketua Tim Satgas BJP (P) Hendriarto menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk membangun sinergi dalam penegakkan hukum terkait dugaan penyalahgunaan BBM subsidi Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite di wilayah hukum Sumsel. 

“Dalam rangka pengendalian kuota. Kemudian ada juga kegiatan pengawasan ke lapangan. Kami mohon bantuan dan kerjasama dari segenap satuan kepolisian wilayah Sumsel. Jangan segan-segan untuk berkomunikasi,” ujar Hendriarto.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya sinergi ini, diharapkan kuota BBM bersubsidi dapat terjamin hingga akhir tahun 2023 dan meminimalisir penyalahgunaan, juga dapat melakukan pendampingan saat ada temuan dan laporan.

“Kita turun ke lapangan bersama-sama untuk melakukan pengawasan dan pengecekan,” tegasnya.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira menyambut baik kehadiran Tim Satgas dan siap menjalin sinergi dengan BPH Migas. 

“Justru (Satgas) ini membantu tugas pokok kami. Sungguh sangat bermanfaat. Intinya kami siap,” terang Putu.

Sementara itu, Region Manager Retail Sales Sumbagsel Pertamina Patra Niaga Awan Raharjo mengutarakan, pihaknya terus melakukan perbaikan. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari BPH Migas dan aparat penegak hukum dalam mengawasi pendistribusian BBM subsidi agar tepat sasaran.

Pemantauan 4 SPBU

Setelah kunjungan ke Mapolda Sumsel, dilakukan pemantauan ke empat Lembaga Penyalur yaitu SPBU 24.302.19 di Kecamatan Kertapati, Palembang, juga SPBU 24.306.137, SPBU 24.306.100, serta SPBU 24.306.33 di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Pemantauan dilakukan untuk melihat tindak lanjut pengawasan dan monitoring BBM subsidi yang telah dilakukan sebelumnya. Adapun hasil pemantauan tersebut, SPBU sudah memperbaiki temuan-temuan hasil pengawasan, seperti menambah kapasitas penyimpanan data CCTV selama 30 hari terakhir, dan melakukan reposisi dan penggantian CCTV sehingga dapat menjangkau dan melihat plat nomor polisi dengan jelas.

Turut mendampingi pemantauan lapangan SAM Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Jimmi Wijaya dan Panit II Subdit IV Tipidter Polda Sumsel Iptu Irawan Adi Chandra.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Satgas Pengawasan dan Monitoring BBM Kunjungi Polda Sumatera Selatan dan Pantau 4 SPBU” pada 2023-09-08 06:42:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *