• June 13, 2024 7:03 am

Polda Malut gelar Operasi Zebra Kie Raha 2023

Polda Malut gelar Operasi Zebra Kie Raha 2023

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Ternate (ANTARA) – Polda Maluku Utara menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Kie Raha 2023 yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas, bertempat di Lapangan apel Mapolda Maluku Utara.

“Operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang penggelaran operasi Mantap Brata 2023-2024 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas,” kata Wakil Kepala Polda Maluku Utara, Brigadir Jenderal Polisi Samudi, di Ternate, Maluku Utara, Selasa.

Baca juga: Anggota Sabhara Polda Maluku Utara diduga dianiaya sejumlah seniornya

Apel Gelar Pasukan itu juga dihadiri komandan Korem 152/Baabullah Ternate, Pejabat Utama Polda Malut, kepala Polres Ternate dan personil gabungan.

Ia mengatakan Operasi Zebra 2023 ini digelar secara serentak diseluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung 4-17 September 2023, untuk di wilayah Maluku Utara dengan sandi operasi Zebra Kie Raha 2023

Operasi ini dengan tema Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024, tema tersebut memiliki makna bahwa Keamanan dan Keselamatan dalam berlalu lintas adalah salah satu faktor penting mengingat di tahun politik ini akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat secara umum maupun simpatisan.

Baca juga: Polda Maluku Utara pecat 25 personel terlibat pelanggaran berat

“Dengan digelar operasi ini diharapkan dapat berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas beserta korban fatalitas, berkurang angka pelanggaran dan dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta dapat terwujudnya situasi kamseltibcar- lantas yang aman, nyaman dan kondusif di tahun politik,” ungkapnya.

Sementara itu, cara bertindak yang digunakan dalam pelaksanaan operasi yaitu bersifat Preventif, Preventif dan Represif, tentunya, untuk mencapai hasil operasi yang maksimal membutuhkan koordinasi dan peran serta seluruh instansi terkait forum komunikasi lalu lintas secara terpadu bersinergi mengatasi hambatan dan permasalahan yang ada di lapangan.

Baca juga: Polda Maluku Utara antisipasi radikalisme dan anti Pancasila

“Terakhir, yang perlu ditekankan Kepada seluruh jajaran pelaksana operasi agar niatkan segala upaya yang dilaksanakan dalam operasi ini menjadi amal ibadah, jaga sikap, nama baik institusi Polri dan lakukan tugas operasi ini secara normatif, prosedural serta menjunjung tinggi etika kepolisian,” tutup dia.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Polda Malut gelar Operasi Zebra Kie Raha 2023” pada 2023-09-05 13:28:21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *