• May 5, 2024 5:32 am

TNI Sebut KKB Berulah di Puncak Papua, Ganggu Persiapan HUT ke-78 RI

ByRedaksi PAKAR

Aug 15, 2023 , , , ,
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diklaim menembaki kantor Polsek Sugapa, Kabupaten Intan Kaya, Papua pada Kamis (19/11).

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) disebut berulah di Kabupaten Puncak, Papua Tengah beberapa waktu belakangan.

Gangguan KKB itu salah satunya dilaporkan menyasar kegiatan persiapan HUT ke-78 RI yang digelar di Puncak, Papua Tengah.

Dansatgas Mobile YR 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga menjelaskan peristiwa pertama terjadi pada Sabtu (12/8) ketika Tim Paskibra Puncak tengah latihan dalam rangka Upacara HUT RI Ke- 78. Pada saat bersamaan, kata Afri, ada perlombaan voli di lapangan.

“Terdengar letusan tembakan yang mengarah ke mimbar lapangan Trikora, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Diperkirakan arah tembakan dari Jalan Moko, Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga, Puncak, lalu aparat TNI-Polri segera melakukan pengejaran ke arah sumber tembakan,” kata Afri dalam keterangan tertulis, Senin (14/8).

Kejadian kedua, kata dia, terjadi ketika Tim Gabungan TNI selesai melaksanakan pemasangan Bendera Merah Putih di Bukit Ular.

Personel Pos Gome mendengar bunyi letusan tembakan sebanyak empat kali dari arah Bukit Tepuk yang diduga dilakukan KKB kelompok Kalenak Murib. Personel lalu membalas tembakan ke arah Bukit Tepuk.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi GN. Suriastawa mengonfirmasi dua peristiwa yang terjadi di Puncak, Papua Tengah itu.

“Iya laporan dari Satgas yang di lapangan demikian, gangguan dilakukan kemungkinan oleh KST berbasis di Kabupaten Puncak,” kata Suriastawa.

Suriastawa mengatakan saat aparat mengejar diduga ada anggota KKB yang terkena tembakan.

“Sesuai info dari Dansatgas Mobile – Batalyon Infanteri 300 terindikasi dari pihak KST ada yang terluka terkena tembakan anggota Satgas Mobile 300 tersebut. Semua Kelompok Separatis Papua tersebut berhamburan melarikan diri ke arah hutan belantara. Syukurlah, dari pihak Apkam tidak ada yang korban,” katanya.

KKB atau Kelompok Separatis Teroris [KST] adalah sebutan aparat terhadap milisi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

CNNIndonesia.com belum dapat mengonfirmasi aksi gangguan milisi itu terhadap Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom.

(yoa/kid)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “TNI Sebut KKB Berulah di Puncak Papua, Ganggu Persiapan HUT ke-78 RI” pada 2023-08-15 12:27:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *