• May 13, 2024 12:39 pm

Deklarasi damai 50 guru Kalimantan Utara sebarkan moderasi beragama

Deklarasi damai 50 guru Kalimantan Utara sebarkan moderasi beragama

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Deklarasi damai itu dengan enam pernyataan, antara lain pernyataan setia kepada Pancasila dan UUD 1945

Tanjung Selor (ANTARA) – Sedikitnya 50 guru dari berbagai sekolah di Kalimantan Utara melakukan deklarasi damai guna menyebarkan semangat moderasi beragama dalam memerangi penyebaran paham radikal terorisme.

Kepala Sub Direktorat Pengamanan Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Setyo Pranowo di Tanjung Selor, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan deklarasi damai 50 guru Kalimantan Utara adalah bagian dari acara “Camping Keberagaman” dalam pencegahan radikal terorisme di Kalimantan Utara (Kaltara).

Deklarasi damai 50 guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/sekolah sederajat digelar di halaman Gedung Diklat BKPSDM (Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia) Bulungan, tadi malam (5/7/2023).

Ia menjelaskan bahwa keterlibatan guru dalam memerangi paham radikalisme termasuk bagian dari strategi pentahelix.

BNPT sejak 2022 telah menerapkan skema pentahelix untuk mencegah dan menanggulangi aksi terorisme serta radikalisme.

Konsep pentahelix merupakan langkah pelibatan lima unsur, yakni pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media.

Penerapan konsep pentahelix diharapkan mampu membuat berbagai sektor terkait bisa bersinergi secara lebih mendalam untuk mencegah dan menanggulangi radikalisme, khususnya menangkal unsur terorisme transnasional dan transideologi.

Baca juga: BNPT: Pemuda dan pelajar jadi target penyebaran radikal terorisme

Baca juga: Mahfud MD ingatkan bahaya ancaman serangan ideologi terkait terorisme

Data BNPT sedikitnya ada 120 negara di dunia yang kini terdampak adanya aksi terorisme yang bersumber dari transnasional dan transideologi.

Terkait itu, peran semua pihak termasuk praktisi atau guru memiliki peran mencegah berkembangnya paham kekerasan di sekolah, mengingat pemuda dan pelajar jadi target penyebaran radikalisme dengan dua alasan utama, pertama karena kondisi mereka dianggap labil, kedua untuk regenerasi bagi kelompok radikal terorisme.

Deklarasi damai itu dengan enam pernyataan, antara lain pernyataan setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Serta ada pernyataan guru Indonesia menolak segala bentuk paham dan aksi radikalisme dan terorisme. Para guru juga siap menjadi pelopor moderasi beragama.

Sementara itu, Bupati Bulungan Syarwani melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat Abdul Wahid menyambut baik acara yang digelar oleh BNPT dan Bidang Agama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltara itu.

“Tidak ada kemajuan di suatu daerah jika daerahnya tak damai dan tidak ada kedamaian di suatu daerah jika penduduknya tidak mengutamakan azas toleransi,” katanya.

Ia menambahkan bahwa bangsa Indonesia terbentuk dengan adanya persatuan. Sedangkan persatuan jadi salah satu syarat adanya kedaulatan, kemakmuran dan keadilan.

“Semoga kehadiran kita pada acara ini menjadi momentum silaturahmi antarumat beragama, serta semakin memperkokoh tujuan kita membangun daerah Bulungan dan bangsa ini,” kata bupati.

Baca juga: Kepala BNPT sebut tren serangan aksi teror di Indonesia menurun

Baca juga: BNPT luncurkan produk pengetahuan upaya cegah ekstremisme kekerasan


 

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Deklarasi damai 50 guru Kalimantan Utara sebarkan moderasi beragama” pada 2023-07-06 13:55:11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *