• June 13, 2024 7:48 am

Gandeng Smelting-Taman Safari, BNPT resmikan Pusat Penelitian Terpadu

Gandeng Smelting-Taman Safari, BNPT resmikan Pusat Penelitian Terpadu

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Kebermanfaatan program konservasi ini akan dirasakan oleh masyarakat peternak di Turen dan mitra deradikalisasi.

Jakarta (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bersama PT Smelting dan Taman Safari Indonesia (TSI) meresmikan Pusat Penelitian Terpadu dalam kegiatan riset reproduksi banteng jawa (Bos javanicus).

“Beroperasinya pusat penelitian ini bertujuan mengoptimalkan program konservasi banteng jawa dan revitalisasi genetik sapi bali,” kata Kasubsatgas Sinergitas Penanggulangan Terorisme Wilayah Jawa Timur Kolonel Pas Sujatmiko dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Sujatmiko mengapresiasi dan kagum atas komitmen dari Taman Safari Indonesia dan PT Smelting dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan konservasi dalam rangka menjaga kelestarian alam juga kesinambungan kehidupan untuk generasi mendatang.

Kegiatan pada hari ini, kata dia, merupakan perwujudan nyata konsep pentahelix serta semangat kerja sama dan multipihak dalam melawan ideologi radikal terorisme.

Menurut dia, terdapat kesinambungan antara kerja konservasi dan pengembangan ilmu pengetahuan oleh Taman Safari Indonesia, pemberdayaan masyarakat oleh PT Smelting, dan upaya pencegahan tindak pidana terorisme yang dilakukan oleh BNPT.

Adapun kegiatan konservasi dan revitalisasi genetik sapi bali dilaksanakan di Taman Safari Indonesia II Prigen. Saat ini juga telah didatangkan 10 ekor sapi bali betina asli dari Bali dan satu ekor banteng jawa jantan dewasa hasil penangkaran yang selanjutnya akan dikawinkan melalui inseminasi buatan.

Selanjutnya, akan dilakukan penelitian secara intensif untuk memastikan anakan sapi bali dan banteng jawa tersebut. Hal ini dapat menjadi terobosan genetika masa depan untuk peningkatan kualitas genetik sapi bali dan menghasilkan indukan unggul yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca juga: Kepala BNPT ingatkan peran penting dai/daiah cegah ideologi kekerasan

Baca juga: BNPT nilai peran perempuan pada terorisme dipengaruhi teknologi

Sujatmiko menuturkan bahwa BNPT RI bekerja sama dengan berbagai unsur pentahelix menjalankan program pembangunan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen, Kabupaten Malang.

Program ini, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk pendekatan lunak pencegahan tindak pidana terorisme yang mengedepankan aspek kesejahteraan dengan memberikan pemberdayaan kepada mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi.

“Ke depannya kami ingin mitra deradikalisasi dapat berintegrasi dengan baik, tidak menjadi komunitas eksklusif dan dapat berbaur dengan masyarakat. Hal ini sejalan dengan cita-cita dan semangat dibentuknya Kawasan Terpadu Nusantara,” kata Sujatmiko



Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang berharap hasil revitalisasi atau pemuliabiakan yang merupakan Program CSR PT Smelting ini selain memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan menjaga keanekaragaman hayati, juga dapat memberikan dampak kesejahteraan secara ekonomi kepada masyarakat.

“Selanjutnya hasil pengembangan peternakan sapi bali untuk kegiatan di Kawasan Terpadu Nusantara. Kebermanfaatan (program konservasi) ini akan dirasakan oleh masyarakat peternak di Turen dan mitra deradikalisasi,” ucap Jansen.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Gandeng Smelting-Taman Safari, BNPT resmikan Pusat Penelitian Terpadu” pada 2023-06-06 11:21:27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *