• May 3, 2024 1:35 pm

Puan Sampaikan Pesan AIPA di KTT, Indonesia Siap Bangun ASEAN

Di tengah keyakinan bahwa Asia Tenggara dapat menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi, Puan mengingatkan ada berbagai tantangan demi menjaga stabilitas kawasan.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan bahwa ASEAN akan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi. Keyakinan itu lahir antara lain karena pertumbuhan ekonomi ASEAN yang sebesar 4,8 persen pada 2023 tercatat lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 2,8 persen.

Hal itu dinyatakan Puan saat menyampaikan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Message dalam ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting sebagai rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5). ASEAN-AIPA Leaders Interface Meeting merupakan sesi pleno antara pimpinan pemerintahan dan pimpinan parlemen negara-negara di Asia Tenggara.

Tak sebatas pada pencapaian ekonomi tersebut, Puan kemudian mengingatkan bahwa masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama.

“Namun dengan tantangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya dan dinamika regional yang membayangi kawasan, kami juga menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan dalam hal menjaga stabilitas kawasan sebagai prasyarat pembangunan,” ujar Puan.

Berbagai tantangan global tersebut termasuk pemulihan ekonomi pasca pandemi, perubahan iklim, krisis energi dan pangan yang disebabkan oleh perang, serta peningkatan ketegangan geopolitik yang dipicu oleh konflik kepentingan.

“Kita dituntut untuk bekerja sama secara erat, pemerintah dan parlemen, eksekutif dan legislatif, untuk memperkuat posisi kita saat kita bergerak maju untuk memastikan kemakmuran bagi rakyat kita,” lanjut Puan.

Untuk itu, DPR RI ditegaskan siap memberikan dukungan politik, serta berkolaborasi dengan negara ASEAN lain demi membangun kawasan.

Puan menyebut, AIPA terus berkembang memberi kontribusi positif dalam upaya membangun perdamaian di Asia Tenggara. Kontribusi itu salah satunya melalui stabilitas kerja sama dan pembangunan, serta penyelesaian beragam isu global seperti konflik terorisme dan pemaksaan kekuasaan.

Selain itu, AIPA juga berfungsi sebagai wadah bagi negara anggota untuk menjajaki berbagai cara baru guna memperkuat kerja sama, khususnya di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya, hingga mendorong harmonisasi hukum.

“Ini berfungsi sebagai platform bagi kami, parlemen anggota AIPA, untuk menjalankan fungsi diplomasi parlementer kami, termasuk bertukar pandangan dan pendapat tentang isu-isu regional dan internasional,” kata Puan.

(rea/rea)


[Gambas:Video CNN]





Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Puan Sampaikan Pesan AIPA di KTT, Indonesia Siap Bangun ASEAN” pada 2023-05-10 15:26:26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *