• May 3, 2024 12:54 am

BNPT Gelar Ikrar Setia NKRI Kepada 24 Napi Terorisme Lapsus Sentul

BNPT menggelar acara Ikrar Setia NKRI kepada 24 narapidana terorisme Lapsus Kelas IIB Sentul dan berharap mereka menjadi mitra BNPT ke depannya.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menggelar Ikrar Setia NKRI kepada 24 narapidana tindak pidana terorisme (napiter) Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas IIB Sentul.

Acara Ikrar Setia ini digelar bersama Kementerian Hukum dan Ham serta Polri di Kawasan Pusat Pelatihan dan Deradikalisasi BNPT RI, Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5).

Kepala BNPT RI Komisaris Jenderal Pol. Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel,M.Si mengatakan, kegiatan Ikrar Setia NKRI merupakan bukti upaya negara. Tidak hanya itu, para napiter itu juga dibekali dengan berbagai ilmu untuk keberlangsungan hidup setelah bebas nanti. Salah satunya ilmu kewirausahaan yang dapat mereka gunakan untuk membuka usaha.

“Ini merupakan bentuk usaha bangsa untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka selepas kembali ke masyarakat, saat ini kita berada di Kawasan dimana mitra deradikalisasi dibekali ilmu kewirausahaan,” ujar Rycko.


Kepala BNPT RI Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel berharap Ikrar Setia NKRI 24 narapidana terorisme Lapsus Kelas IIB Sentul jadi momentum dan titik balik mereka untuk kembali ke kehidupan dalam bingkai NKRI. (Foto: Arsip BNPT).

Rycko berharap momentum Ikrar Setia NKRI ini menjadi titik balik para napiter untuk tidak lagi menggunakan cara-cara menyimpang dari ideologi Pancasila dan benar-benar kembali setia kepada NKRI.

“Harapannya, mereka tidak lagi menggunakan cara-cara kekerasan yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, melepas baiat serius dari hati, dan kembali ke NKRI,” katanya.


BNPTKepala BNPT RI Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel berharap 24 narapidana terorisme benar-benar kembali ke NKRI dan tak lagi memakai cara menyimpang dari ideologi Pancasila. (Foto: Arsip BNPT).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas IIB Sentul Irwan Silais menambahkan, kegiatan ini juga menjadi bukti keberhasilan sinergi BNPT RI dengan Lapsus Kelas IIB Sentul dalam menjalankan program deradikalisasi. Harapannya, sinergi tersebut akan terus berjalan demi mendukung percepatan program reintegrasi sosial.

“Ini bentuk keberhasilan program deradikalisasi yang selama ini kita jalankan. Tujuannya agar mereka kembali menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI. Semoga kerja sama kita semakin solid, untuk percepatan program reintegrasi sosial,” ujarnya.

Adapun setelah ikrar dan menyelesaikan masa pembinaan, napiter diharapkan dapat menjadi mitra BNPT RI dalam mencerahkan keluarga dan kelompok mereka. Diharapkan pula mereka mampu menghambat proses penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

(osc)



Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “BNPT Gelar Ikrar Setia NKRI Kepada 24 Napi Terorisme Lapsus Sentul” pada 2023-05-03 20:01:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *