• June 13, 2024 7:35 am

Prajurit TNI di Nduga Diserang dan Ditembak Kelompok Separatis

ByRedaksi PAKAR

Apr 16, 2023 , , ,
Kapendam XVII/Cenderawasih menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan menembaki prajurit TNI yang bertugas di wilayah Mugi-Mam, Nduga, Papua.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan menembaki prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Sabtu (15/4). Masih belum diketahui apakah ada korban jiwa dari penyerangan tersebut.

“Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kab Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST (Kelompok Separatis dan Teroris), Sabtu (15/4), pukul 16.30 WIT,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangan resminya, Minggu (16/4).

Herman mengatakan sampai saat ini belum diketahui pasti berapa korban prajurit TNI yang tewas dan luka-luka akibat serangan tersebut. Sampai saat ini pihaknya masih memantau kondisi terkini di lokasi kejadian.

Menurut Herman, saat ini jalur komunikasi dengan aparat keamanan di lokasi keamanan juga belum tersambung akibat cuaca hujan.

“Sampai saat ini masih dilaksanakan pemantauan, tapi karena cuaca hujan dan berkabut, sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut,” jelas Herman.

“Demikian pula upaya-upaya memberikan bantuan dan evakuasi tetap dilaksanakan,” tuturnya menambahkan.

Aksi penyerangan ini diduga berkaitan dengan operasi penyelamatan pilot Susi Air asal Selandia Baru, Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera pihak TPNPB-OPM beberapa waktu terakhir.

Sementara itu, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengklaim sembilan prajurit TNI tewas dalam penyerangan tersebut. Selain itu, sembilan pucuk senjata juga sudah dikuasai oleh pihaknya.

“Kami terima laporan awal konfirmasi, di mana tim Komnas TPNPB melaporkan bahwa panglima dan pasukannya sampaikan mereka sudah membunuh sembilan orang,” ujar Sebby dalam sebuah rekaman suara.

Sebby menegaskan pihaknya hanya baru akan membebaskan pilot Susi Air lewat proses negosiasi damai.

“Kami kan minta pemerintah Indonesia dan Selandia Baru kita bebaskan sandera melalui negosiasi damai,” katanya.

(dmi/end)




Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Prajurit TNI di Nduga Diserang dan Ditembak Kelompok Separatis” pada 2023-04-16 10:00:19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *